Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kuliner

7 Jenis Rendang Selain Daging Sapi yang Tak Kalah Lezat

Rendang bukanlah makanan, melainkan merupakan proses memasak yang dimulai dari gulai, kalio sampai akhirnya menjadi rendang.

7 Jenis Rendang Selain Daging Sapi yang Tak Kalah Lezat
KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO
Rendang yang disajikan di acara Promoting Wonderful Indonesia to The Yachting Community In Hongkong di The Hebe Haven Yacht Club, Sai Kung, Hongkong, Jumat (17/6/2016) malam. Anggota komunitas yachter The Hebe Haven Yacht Club rata-rata menyukai hidangan rendang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rendang memang identik dengan daging sapi. Padahal, aneka bahan lainnya juga bisa dimasak rendang.

Rendang bukanlah nama masakan.

Rendang merupakan proses memasak yang dimulai dari gulai, kalio sampai akhirnya menjadi rendang. Itu sebabnya, tidak hanya daging yang bisa direndang tapi juga beragam bahan lainnya.

"Karena rendang proses masak, tidak bisa dipaksakan setiap daerah bisa sama," ujar Reno Andam Suri, penulis buku Rendang Traveler kepada KompasTravel, Senin (25/7/2016).

Reno juga mengatakan, setiap daerah di Sumatera Barat memiliki bahan khas untuk diolah menjadi rendang.

"Mereka akan menggunakan bahan apa yang ada di daerah mereka. Pada dasarnya tidak ada batasan benar atau salahnya rendang berdasarkan bahan baku," tutur Uni Reno.

Dihimpun KompasTravel, berikut beberapa bahan selain daging sapi yang biasa diolah menjadi rendang.

Rendang Ayam

Rendang yang satu ini dapat diolah dengan cara digiling, dipotong atau disuwir. Rendang ayam bisa jadi pilihan karena harganya yang lebih murah dibandingkan daging sapi. Selain itu, proses memasak rendang ayam juga lebih cepat. Rendang yang satu ini merupakan khas daerah Kapau, tak heran biasa disajikan di restoran Nasi Kapau. 

Rendang Daging Kambing

Halaman
123
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas