Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menpar: Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016, Karnaval Paling Wow

Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 yang dipusatkan di Kota Balige, Minggu (21/8/2016) itu betul-betul meledak.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Menpar: Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016, Karnaval Paling Wow
Facebook Kementerian Pariwisata
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo membuka Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba di Soposurung, Balige, Sumatera Utara, Minggu (21/8)/2016) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 yang dipusatkan di Kota Balige, Minggu (21/8/2016) itu betul-betul meledak.

Seluruh warga Kabupaten Tobasa tumpah ruah di puncak peringatan HUT RI ke-71 yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo itu.

Mengenakan “ulos raja” Ragidup Sirara warna gelap dan ornament putih, orang nomor satu di tanah air itu juga ikut pawai sepanjang 3,5 km itu.

Di tengan perjalanan, Presiden Jokowi yang memakai baju hitam dan sortoli penutup kepala khas Batak itu juga melempar-lempar kaus kepada penonton sambil melambaikan tangan ke kiri dan kanan.

Ibu Iriana tampil ceria dengan baju merah juga melambaikan tangan dari atas mobil hias berdesain ikan emas dengan sulur-sulur berwarna hitam-merah-putih. Ulos bermotif Tum-Tum yang didesain khusus oleh Edward Hutabarat pun terlihat elegan dan bersahaja.

Menurut Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, arak-arakan budaya dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 ini boleh dibilang sukses besar.

BERITA TERKAIT

Kenapa demikian? Sukses acara, pelaksanaan lancar, sesuai skenario rencana, nyaris sempurna. Semua kontingen, 44 nomor tampil optimal, dilepas di start Jalan Tarutung, Patuan Nagari sampai finish Lapangan Sisingamangaraja Simpang Sibulele lancar membelah lautan manusia yang hampir 100 persen mengenakan identitas ulos.

“Ini karnaval sudah standar global, siap go international,” jelas Menpar dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, selama dua hari kegiatan Pesona Danau Toba, semua hastag yang dilempar ke media social, langsung tembus trending topic.

Pertama saat konser Slank, Opi Andaresta, Edo Kondologit, Sammy Simorangkir, Dewa Bujana di Pantai Bebas, Parapat, Simalungun 20 Agustus 2016. Dari ‪#‎PanggungApung‬ ‪#‎PesonaDanauToba‬ semuanya naik daun sejak sebelum konser.

Sedangkan di Karnaval yang lebih dari 100 ribu pasang mata tumplek blek ke jalur karnaval itu, langsung melambungkan hastag: ‪#‎Balige‬ #PesonaDanauToba ‪#‎UntukMedan‬ ‪#‎PulauSamosir‬.

Selain itu sukses lainnya, adalah keberhasilan meyakinkan Presiden Jokowi bahwa destinasi Danau Toba layak dikembangkan lebih cepat dan lebih agresif. Dukungan 3A –Atraksi, Akses, Amenitas—nya dari pemerintah itu kunci sukses selanjutnya.

“Dan ini sudah terjawab di Ratas, Pak Presiden Joko Widodo memutuskan percepatan akses menuju Danau Toba baik jalan tol dari Kuala Namu-Tebing Tinggi-Pematang Siantar, lalu dilanjutkan ke Parapat. Juga pembangunan infrastruktur di Silangit Airport,” jelasnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas