Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ternyata Bung Karno Punya Andil Dibalik Taman Impian Jaya Ancol

Ternyata dibalik kesuksesan kawasan Ancol, Presiden RI Pertama, Soekarno, memegang andil yang penting.

BizzInsight
zoom-in Ternyata Bung Karno Punya Andil Dibalik Taman Impian Jaya Ancol
dok. Seaworld Ancol
Keindahan Seaworld Ancol menjadi daya tarik tersendiri bagi Keluarga Muda Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM - Bicara tentang destinasi wisata, Jakarta memang surganya bagi banyak pecinta jalan-jalan, terlihat dari banyak Pusat Pembelanjaan modern yang berkembang pesat pada berbagai kawasan di Ibukota.

Meski menjadi tempat menghabiskan waktu bersama keluarga, terkadang mengunjungi Mal membuat kita bosan dan jenuh. Perasaan inilah yang membuat banyak orang mencari alternatif hiburan yang mengedukasi dan deket dengan alam.

Dari sekian banyak objek wisata yang ada saat ini, Taman Impian Jaya Ancol menjadi pilihan dan mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat.

Menurut website korporat Ancol, pertama kali tercetus ide membuat Taman Impian Jaya Ancol bermula dari Soekarno

Dalam buku Jejak Soekardjo Hardjosoewirjo di Taman Impian Jaya Ancol karya Sugianto Sastrosoemarto dan Budiono, pada tanggal 4 Juni 1956 saat Presiden RI Soekarno dan putranya, Guntur Soekarnoputra, yang saat itu berusia 12 tahun, mengendarai wahana Dumbo, salah satu wahana paling menarik di Disneyland, Amerika Serikat.

Selama kunjungan Soekarno dan Guntur sangat  menikmati wahana tersebut.

Soekarno kemudian bermimpi mewujudkan wahana serupa di Indonesia dan mimpi itu akhirnya terwujud pada tahun 1966, ketika kawasan Ancol atau yang disebut Ancol Taman Impian ditunjuk sebagai sebuah kawasan terpadu oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

BERITA TERKAIT

Kemudian kawasan ini mulai berkembang hingga menjelma menjadi pusat wisata terlengkap bagi masyarakat Indonesia.

Kini, Taman Impian Jaya Ancol (atau yang sering disingkat menjadi Ancol) memiliki koleksi beragam hiburan menarik bagi keluarga Indonesia.

Salah satunya Dunia Fantasi. Ini adalah pusat hiburan outdoor terbesar di Indonesia dengan berbagai wahana permainan berteknologi tinggi. Ancol juga memiliki Ocean Dream Samudra (ODS) yang merupakan unit oceanarium terbesar dan menjadi pusat studi konservasi ex-situs lumba-lumba.

Ada juga Atlantis Water Adventure (AWA), yang merupakan water theme park yang dikembangkan dengan tema Benua Atlantis, sebuah benua yang hilang dan dikisahkan memiliki peradaban modern dan teknologi canggih.

Atlantis Water Adventures juga dilengkapi dengan beragam pilihan wahana kolam renang yang menarik bagi pengunjung, mulai dari Kolam Anak, Kolam Arus, Kolam Ombak, Kolam Tanding, Kolam Riam Jeram, dan wahana luncur (slide), selain ada Wahana Crazy Highest Longest Slide yang merupakan wahana tertinggi dimiliki Atlantis, ada juga wahana Dragon Slide yang memberikan tiga pengalaman berbeda dalam satu kali luncuran, menjadikan Atlantis Water Adventures menjadi water theme park favorit keluarga.

Selain itu, Seaworld Ancol hadir sebagai satu kawasan yang lengkap untuk memberikan hiburan dan  edukasi terkini mengenai dunia air dan kelautan dengan berbagai biota.

Mengemban tiga misi, yakni pendidikan, konservasi dan hiburan, Seaworld Ancol dilengkapi fasilitas penunjang lainnya, seperti Akuarium Utama yang menampilkan aksi-aksi seru penyelamat saat Feeding Show, Kolam sentuh yang memungkinkan pengunjung berinteraksi langsung dengan biota laut, hingga museum berisi hewan-hewan laut yang diawetkan. 

Di Ancol juga terdapat tempat wisata lain seperti Pasar Seni, Ocean Ecopark, Taman Pantai, Gondola, Ancol Beach City, Faunaland dan Alive Museum.

Saat ini Ancol pun berkembang menjadi tempat yang menyediakan segala kebutuhan bagi masyarakat Indonesia, mulai dari bidang kuliner  dan akomodasi.

Di bidang kuliner, beragam jenis restaurant tersebar di kawasan Ancol, seperti seperti Bandar Djakarta, Segarra, Jimbaran, Talaga Sampireun, Le Bridge.

Sementara itu, bagi para keluarga yang membutuhkan akomodasi, Ancol menyediakan Hotel dan Resort, seperti Putri Duyung Cottage, Mercure Hotel dan Discovery Hotel.

Tak mengherankan, dengan beragam wahana, kuliner dan akomodasi yang ada menjadikan Taman Impian Jaya Ancol menjadi destinasi wisata  favorit dan lengkap  di dalam kota Jakarta (one stop recreation center) bagi seluruh elemen keluarga.

Penulis: Firda Fitri Yanda/Editor: Choirul Arifin

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas