Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ingin Cicipi Makanan Sehat Bernutrisi dan Protein yang Tepat? Fit Lokal Bisa Jadi Rekomendasi

Semuanya tanpa MSG dan berbahan Shirataki Konnyaku atau sejenis bahan umbi-umbian yang berserat tinggi.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Ingin Cicipi Makanan Sehat Bernutrisi dan Protein yang Tepat? Fit Lokal Bisa Jadi Rekomendasi
Istimewa
Restoran Fit Lokal menyiapkan tiga variasi menu makanan yakni Mie Goreng, Kwetiau, dan Nasi Goreng. Semuanya tanpa MSG dan berbahan Shirataki Konnyaku atau sejenis bahan umbi-umbian yang berserat tinggi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Bagi Anda yang ingin memulai hidup sehat, khususnya dalam mengonsumsi makanan sehat tetapi tidak tahu bagaimana menentukan nutrisi dan protein yang benar, sekarang sudah tidak perlu khawatir.

Kini hadir restoran sehat Fit Lokal di dua tempat yakni di 20FIT Cipete (gerai pertama) dan yang terbaru di 20FIT Senayan.

Restoran yang merupakan bagian dari grup usaha 20FIT Gym (pusat kebugaran fitness berteknologi Jerman), kini menjadi buruan bagi semua orang yang ingin memulai hidup sehat.

Konsep bisnis restoran sehat ini dicetuskan empat orang pemiliknya yakni Bambang Reguna Bukit yang dikenal sebagai Bams Eks Samsons, Dipha Barus (Marketing), Jocelyn Halim (Ahli Nutrisi) dan Nova Eugenia (Chef).

Berkembangnya usaha 20FITgym yang berada di Jakarta maupun di berbagai kota lain, memberikan inspirasi bisnis khususnya untuk mencari solusi bagi orang yang mau memulai hidup sehat dari sisi konsumtif makanan.

Riset dan analisa pasar di bidang bisnis dan juga kesehatan pun telah dilakukan selama tiga tahun, hingga akhirnya tercetuslah konsep restoran kesehatan yang juga berada di area 20FIT Gym.

“Kami merintis tahun 2017, dengan ide dasar membuat makanan sehat khas selera orang Indonesia. Awalnya usaha ini dimulai dengan konsep gerobak dijalan. Targetnya adalah menjangkau orang yang baru mau mulai hidup sehat. Seiring berjalannya waktu, banyak permintaan baik dari member 20FIT maupun dari masyarakat luas yang sudah mengetahuinya. Akhirnya kita membuat konsep restoran yang masih berada di lokasi gym 20 FIT. Restoran Fit Lokal di Senayan ini adalah gerai kedua kami. So far, peluang bisnisnya sangat bagus dan rencananya akhir tahun nanti kami menargetkan akan membuka dua restoran lagi yang berada di cabang 20FIT gym lainnya,” kata Bambang Reguna Bukit atau yang akrab disapa dengan panggilan Bams.

BERITA TERKAIT

Tiga variasi menu makanan yang disajikan direstoran Fit Lokal yakni Mie Goreng, Kwetiau dan Nasi Goreng.

Semuanya tanpa MSG dan berbahan Shirataki Konnyaku atau sejenis bahan umbi-umbian yang berserat tinggi.

Shirataki Konnyaku merupakan salah satu bahan makanan yang teksturnya kenyal seperti agar-agar.

Tidak hanya rasanya yang enak, konnyaku memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya rendah kalori dan kaya akan serat, sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan dan juga bagus untuk diet atau menurunkan berat badan.

“Mungkin bagi orang belum pernah mencoba makanan sehat, ada tiga hal yang ada dibenak mereka, yakni tidak familiar, rasanya tidak enak (atau tidak ada rasa) dan harganya mahal. Nah, untuk itu mereka harus mencoba menu disini, pertama karena ini makanan lokal, ada rasanya dan yang terpenting kita menjadi jembatan hidup sehat bagi mereka yang mau memulainya. Selain itu harganya pun cukup terjangkau dari 17 s/d 45 ribu,” pungkas Bams yang juga baru meluncurkan produk mie sehat berserat tinggi “Fit Mee” tersebut.

Keunggulan dari restoran Fit Lokal, tidak hanya menjaga dari sisi asupan nutrisi semata, namun citra rasa yang disajikannya juga tidak mengurangi rasa lidah asia kita yang umumnya terbiasa dengan jenis bumbu aneka rempah-rempah yang ada di Indonesia.

“Untuk menurunkan berat badan sebanyak 0.5kg dalam 1 minggu, anda perlu kurangi asupan kalori untuk mencapai defisit sekitar 500 kalori perhari. 1 porsi mie/kwetiau goreng biasanya sekitar 400 kalori, sedangkan nasi goreng 500 kalori. Sementara jika kita makan Fit Lokal bisa membantu menjaga atau menurunkan berat badan (disertai dengan olahraga rutin), karena kalori mie/kwietiau nya hanya 130 dan nasi goreng hanya 250 kalori, karena Fit Lokal menggunakan bahan rendah kalori dan tinggi serat seperti konnyaku dan sayur. Protein yang kita pakai pun rendah kalori dan lemak, seperti dari putih telur dan dada ayam,” ujar Jocelyn Halim, ahli nutrisi lulusan University of Sidney, yang sudah sering didaulat untuk menjadi pembicara berkaitan dengan kesehatan di berbagai instansi.

“Untuk memesan makanan disini caranya, dimulai dengan memilih bahan dasar konnyaku nasi, mie atau kwetiau, lalu pilih topping proteinnya ada dada ayam, daging sapi atau vegetarian. Kemudian pilih aneka saus sesuai selera, ada saus original, ebi, sesame dan garlic. Menyesuaikan dengan lidah lokal masyarakat Indonesia yang suka pedas, disini juga bisa pilih tingkat level kepedasan pendamping lainnya, mulai dari snack seperti konnyaku bites, rice bowl keto diet dan rice bowl sambal matah. Variasi saus baru dan menu tambahan biasanya kita keluarkan 2 atau 3 bulan sekali,” papar Nova Eugenia, Chef alumnus Udayana Bali yang mengepalai keseharian restoran Fit Lokal.

Menjalankan bisnis kebugaran dan restoran sehat juga menjadi hal baru bagi seorang Dipha Barus, salah satu Disk Jockey (DJ) kenamaan di tanah air. Sepupu Bams tersebut mengaku selain akhirnya suka berolahraga, ia pun kini lebih mengerti bagaimana menjaga pola makan dan mendapatkan asupan makanan yang bergizi.

“Seperti dua sisi mata uang, satu sisi saya semakin belajar secara bisnis bagaimana mengelola manajemen restoran sehat, sisi lainnya saya semakin tahu bahwa sehat itu sangat mahal. 20Fit dan khususnya restoran Fit Lokal memberi ruang buat energi hidup saya untuk seimbang antara berolahraga dan menjaga asupan makanan ,” ujarnya.

Dua lokasi restoran Fit Lokal yakni berada di jalan Cipete Raya no 16 dan Sinabung Raya no 9. Senin s/d Jumat di buka pada pukul 6.00 s/d 21.00 WIB, sedangkan di hari Minggu buka pada pukul 08.00 s/d 19.00 WIB

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas