Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Harus Bayar Bagasi saat Beli Tiket Pesawat Citilink dan Lion Air, Ini Tips Backpacking Tetap Hemat

Biaya liburan Anda mungkin terbatas, tapi ada banyak kesempatan yang bisa membuat backpacking jadi lebih seru.

Editor: Content Writer
zoom-in Harus Bayar Bagasi saat Beli Tiket Pesawat Citilink dan Lion Air, Ini Tips Backpacking Tetap Hemat
antholagroup.com
Ilustrasi Backpacker 

Seperti apa konsep backpacking yang ingin kamu lakukan saat liburan? Liburan hemat sebagai backpacker tidak terbatas dengan barang bawaan yang sedikit dan daftar tempat tujuan yang terbatas. Biaya liburan Anda mungkin terbatas, tapi ada banyak kesempatan yang bisa membuat backpacking jadi lebih seru.

1. Ikut Kegiatan Volunteer

Ada berbagai kegiatan volunteering yang bisa kamu lakukan dalam berbagai bidang. Anda bisa memilih aktivitas sosial hingga proyek pembangunan. Meski tidak dibayar, banyak proyek yang pada dasarnya membiayai para peserta untuk bisa melakukan kegiatan di lokasi yang unik. Jika Anda berpikir kegiatan backpacker hanya sekedar membawa ransel dan jalan-jalan, kegiatan sukarela justru bisa membuat perjalanan lebih menarik. Anda bisa mengenal lebih banyak budaya lokal. Meski tidak dibayar, pastikan Anda memilih program yang menanggung biaya akomodasi. Jika harus membayar pun, pastikan penyelenggara kegiatan adalah pihak yang bisa dipercaya.

2. Pilih Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Sambil Liburan

Punya keahlian fotografi? Ada banyak kesempatan agar Anda bisa liburan sambil bekerja. Tawarkan keahlian fotografi Anda untuk pre-wedding, bulan madu, atau gathering perusahaan. Anda bisa ikut perjalanan yang nyaman dengan itinerary yang lebih terencana. Lokasi yang dituju untuk perjalanan khusus seperti ini tentunya bisa membuat Anda mengeksplorasi lebih banyak tempat. Terlebih lagi, Anda juga bisa mendapatkan uang setelah pekerjaan selesai. Biaya yang Anda tanggung juga bisa lebih murah karena paket perjalanan sudah termasuk ke dalam pengeluaran klien.

3. Gunakan Moda Transportasi Termurah

Memutuskan untuk ikut kegiatan volunteer atau gathering, tapi ingin tetap jalan-jalan? Anda tentu akan punya waktu luang meski jadi backpacker. Saatnya hemat dengan memilih moda transportasi paling murah untuk bepergian. Jika memungkinkan, Anda bisa memilih untuk berjalan kaki ketika sedang punya waktu luang. Klien Anda tentunya tidak akan beraktivitas sepanjang hari, itulah saatnya Anda menjelajahi lokasi liburan dengan kegiatan yang disukai. Ingat juga untuk membuat estimasi waktu. Ketimbang terjebak bayar taksi saat hampir ditinggal rombongan, Anda bisa pertimbangkan untuk menyewa motor atau sepeda seharian.

BERITA TERKAIT

4. Buka Layanan Jasa Titip (Jastip)

Daya tarik kuliner atau pernak-pernik dari tempat wisata domestik di Indonesia selalu jadi ciri khas. Anda bisa memanfaatkannya untuk bisa menawarkan jasa titip (jastip). Agar lebih murah, Anda mungkin memilih penerbangan dari maskapai Citilink, Lion Air, atau Wings Air. Jika ingin lebih praktis saat membawa barang titipan, lebih baik bayar biaya kelebihan bagasi terlebih dahulu dengan membeli prepaid baggage. Jika Anda membeli tiket pesawat lewat Traveloka, layanan extra baggage bisa dipilih setelah mengisi data pembelian tiket. Semakin jauh jarak perjalanan, biaya kelebihan bagasi ini akan lebih mahal setiap kilogramnya. Perhitungan ini bisa Anda sertakan saat menawarkan harga jastip. Jadi, Anda bisa langsung mendapatkan biaya penggantian kelebihan bagasi sambil berbelanja dengan tenang.

5. Manfaatkan Promo Kartu Kredit

Jika Anda memiliki kartu kredit, pastikan sudah melakukan pengecekan poin reward yang dimiliki. Untuk berlibur, penggunaan poin akan sangat berguna ketika ditukarkan dengan hadiah menarik. Hadiah menarik tidak harus berupa barang, beberapa layanan kartu kredit juga bisa memberikan layanan potongan harga. Dengan cara ini, tentunya Anda bisa mendapatkan biaya liburan yang lebih hemat. Meski membawa koper dan membawa banyak barang saat kembali, biaya liburan Anda tetap ala backpacker. Jadi, rencana seperti apa yang ingin Anda lakukan untuk liburan selanjutnya? (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas