Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

WNA dan WNI dari Perjalanan Luar Negeri Wajib Jalani 5 Hari Karantina di Hotel

Satgas Udara Penanganan Covid-19 saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan berbagai instansi untuk proses karantina.

WNA dan WNI dari Perjalanan Luar Negeri Wajib Jalani 5 Hari Karantina di Hotel
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
BANDARA RAMAI JELANG LIBURAN - Calon penumpang pesawat memenuhi areal Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, yang akan berangkat mudik maupun liburan Nataru ke kampung halamannya, Rabu (17/12/2020). Selain itu juga Airport Health Centre yang berada di areal bandara juga ikut diserbu warga yang akan menjalani rapid test antigen terkait pemberlakuan penerapan rapid test antigen bagi mereka yang ingin ke luar masuk Jakarta melalui bandara, stasiun maupun terminal.WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satgas Udara Penanganan Covid-19 masih melakukan proses karantina, terhadap penumpang penerbangan rute internasional terhadap Warga Negara Asing (WNA) dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta.

Kepala Satgas Udara Penanganan Covid-19 Kolonel Pas M.A Silaban mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan berbagai instansi untuk proses karantina.

"Kami juga melakukan pembaruan terhadap hotel yang menjadi lokasi karantina, agar dapat menampung seluruh penumpang pesawat internasional ini," kata Kolonel Silaban dalam keterangannya, Jumat (1/1/2021).

Ia juga menyebutkan, proses karantina bagi WNA dan WNI yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta diutamakan melakukan karantina di wilayah Jakarta dan Tangerang.

Baca juga: Hotel Karantina Bagi Penumpang Pesawat dari Luar Negeri Dapat Dibuka untuk Umum

"Selain itu kami juga berkoordinasi penuh dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), terkait ketersediaan kamar hotel untuk karantina," ujar Kolonel Silaban.

Baca juga: Pemerintah Tangani Karantina Penumpang Rute Internasional Selama 5 Hari

Kemudian menurut Kolonel Silaban, untuk WNI dibebaskan dari biaya akomodasi untuk karantina, sementara itu WNA diharuskan menggunakan biaya sendiri.

"Proses karantina penumpang pesawat internasional ini, baik WNI dan WNA berlangsung selama lima hari dan nantinya akan dilakukan tes Covid-19 kembali," ujar Kolonel Silaban.

Menurutnya, seluruh proses kedatangan internasional berjalan dengan lancar mulai dari penumpang turun dari pesawat hingga keluar imigrasi dan bea cukai untuk menuju bus ke tempat karantina.

Kolonel Pas M.A Silaban menegaskan WNI dibebaskan dari biaya akomodasi untuk karantina, sementara itu WNA diharuskan menggunakan biaya sendiri. Adapun lamanya karantina adalah 5 hari.

Sebagai informasi, pemerintah sendiri melarang WNA untuk masuk ke Indonesia pada periode 1 – 14 Januari 2021, ketentuan ini sesuai dengan Surat Edaran 04/2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Dalam Masa Pandemi Covid-19 yang diterbitkan Satgas Penanganan Covid-19.

Kebijakan untuk melarang WNA masuk ke Indonesia sendiri diketahui untuk mencegah penyebaran mutasi baru dari pandemi Covid-19 saat ini.

Ikuti kami di
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas