Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mau Liburan ke Jogja? Jangan Lupa Lakukan 5 Hal Ini

Setahun beraktivitas di tengah pandemi dan puasa liburan ke luar kota bisa jadi membuat Anda dan keluarga bosan bukan.

Editor: Content Writer
zoom-in Mau Liburan ke Jogja? Jangan Lupa Lakukan 5 Hal Ini
POP! Hotels
Candi Prambanan 

TRIBUNNEWS.COM - Setahun beraktivitas di tengah pandemi dan puasa liburan ke luar kota bisa jadi membuat Anda dan keluarga bosan bukan. Hal itu wajar, mengingat aktivitas yang hampir monoton dilakukan setiap hari. Apalagi menurut berbagai penelitian, liburan ke tempat yang baru diyakini bisa mengurangi stress dan mengembalikan mood untuk bekerja.

Anda tidak perlu khawatir. Saat ini kesempatan untuk berlibur ke luar kota sudah terbuka. Sejak pemerintah mengeluarkan aturan tentang adaptasi kebiasaan baru, beberapa tempat wisata mulai dibuka kembali untuk umum. Tentu saja dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat yaitu jaga jarak, menggunakan masker, dan selalu mencuci tangan dengan sabun.

Eits, tapi tunggu dulu. Meski sudah bisa berlibur, Anda tetap harus berhati-hati dan waspada. Tak boleh gegabah dan sembarangan dalam memilih tempat wisata. Bagaimanapun kesehatan tetap nomor 1 ya.

Nah, agar tetap bisa menikmati liburan meski di tengah pandemi, jangan lupa untuk lakukan lima hal ini.

1. Pilih tempat wisata luar ruangan

Ada baiknya memilih tempat wisata yang berada di luar ruangan saat berlibur di tengah pandemi. Hal ini penting agar Anda selalu terlindungi. Wisata di luar ruangan biasanya memberi pengunjung kesempatan untuk bisa tetap menjaga jarak dengan pengunjung lain.

Ruang terbuka akan membuat Anda mudah memperhatikan suasana di sekitar. Selain itu, sirkulasi udara di ruang terbuka jauh lebih baik dibanding saat Anda berada di dalam ruangan bersama sejumlah orang.

BERITA TERKAIT

Bila terpaksa untuk berkunjung ke objek wisata yang mayoritas berada di dalam ruangan atau indoor, pilihlah tempat wisata yang tidak ramai. Jangan ragu untuk membatalkan kunjungan dan mencari spot destinasi lain saat Anda menemukan tempat wisata tujuan sudah ramai dengan pengunjung.

2. Kurangi menyentuh benda asing di tempat umum

Saat berada di tempat liburan, mulailah untuk mengontrol tangan Anda. Hindari menyentuh benda-benda di fasilitas umum secara intens. Biasanya, benda-benda di fasilitas publik rentan sudah disentuh oleh banyak orang sehingga berpotensi menjadi media penyebaran kuman dan virus.

Sebagai contoh, saat duduk di kursi taman, hindari untuk meletakkan tangan pada sandaran kursi yang ada. Begitu pula saat menaiki tangga di area terbuka. Bila tidak terlalu dibutuhkan, Anda tidak perlu berpegangan pada railing angga. Usahakan hanya bertopang pada kekuatan tubuh. Namun bila tidak memungkinkan segera cuci tangan atau gunakan hand sanitiser saat tiba di atas anak tangga.

3.Pilih tempat makan dengan sirkulasi udara bagus

Liburan tak bisa dipisahkan dengan acara makan-makan. Ya dong, Anda tidak mungkin menahan lapar selama berlibur hanya karena takut terpapar virus. Hal yang perlu dilakukan adalah tetap jaga protokol kesehatan dan selektif dalam memilih tempat makan.

Ada baiknya bila Anda memilih tempat makan yang memiliki sirkulasi udara bagus. Akan lebih bagus lagi bila restoran atau tempat makan tersebut menyediakan area makan di ruang terbuka seperti lantai dua tanpa kaca, atau gazebo di taman.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas