Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Workcation Jadi Tren Baru, Bekerja Sambil Liburan di Masa Pandemi

Fenomena ini kini menjadi tren yang diterapkan banyak perusahaan agar karyawannya bisa tetap bekerja secara flexible dan tidak harus pergi ke kantor.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Workcation Jadi Tren Baru, Bekerja Sambil Liburan di Masa Pandemi
Villazzo
Ilustrasi workcation. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyak orang yang selama ini selalu berupaya memisahkan antara pekerjaan dan liburan, namun pandemi virus corona (Covid-19) telah mengubah hal itu dan menimbulkan sebuah tren yang disebut 'Workcation'.

Workcation merupakan penggabungan kata dari work dan vacation, yakni melakukan pekerjaan di tempat liburan.

Fenomena ini kini menjadi tren yang diterapkan banyak perusahaan agar karyawannya bisa tetap bekerja secara flexible dan tidak harus pergi ke kantor.

Kemunculan fenomena ini tentunya turut dipicu pandemi yang telah berlangsung selama lebih dari 2 tahun.

Dikutip dari BBC, Kamis (31/3/2022), sebagian orang kini memang mulai terbiasa dengan rutinitas baru ini, yakni bekerja sambil berlibur.

Banyak karyawan yang sengaja membawa gadget seperti laptop berisi setumpuk beban kerjanya ke tempat liburan, baik yang bersifat indoor maupun outdoor.

Baca juga: Keindahan Istanbul, Destinasi Wisata Ikonik Turki Dibingkai Indah Lewat 3 Film Ini

BERITA TERKAIT

Meskipun diantara mereka, banyak yang telah terbiasa bekerja jarak jauh, mentalitas 'bekerja dari mana saja' yang tercipta selama pandemi ini mendorong mereka untuk melakukan perjalanan yang menggabungkan antara pekerjaan dan liburan.

'Workcation' kini juga mulai mengakar pada banyak negara, berbagai tipikal workcation pun mulai dipraktikkan.

Baca juga: Lounge In The Sky, Sensasi Dinner di Udara dengan Pemandangan Bundaran Semanggi

Ada yang memesan kabin selama seminggu di pegunungan sambil bekerja penuh waktu jarak jauh, ini menjadi fenomena yang populer di awal pandemi, karena banyaknya pekerja kantoran yang meninggalkan apartemen mereka untuk momentum ini.

Workcation adalah evolusi dari 'bleisure', yakni perjalanan yang menggabungkan perjalanan bisnis dengan perjalanan rekreasi.

Fenomena ini mungkin akan membuat banyak orang menyadari tentang pentingnya menjaga batas-batas antara kehidupan profesional dan pribadi.

Baca juga: Serunya Staycation di Hotel Santika Premiere ICE-BSD City, Ada Fasilitas Sepeda Gratis

Namun para ahli berpendapat bahwa kemampuan beradaptasi yang dikembangkan selama pandemi telah memposisikan diri secara baik untuk menikmati waktu luang yang menggabungkan aktivitas kerja dan bermain.

Nah, saat kamu merasa jenuh dengan rutinitas bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), mungkin workcation bisa menjadi solusi yang tepat untuk kamu agar bisa bekerja sambil liburan.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas