Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Seniman dan Pelestari Budaya Betawi Dapat Apresiasi di Festival Kuliner

Seniman dan Pelestari Budaya Betawi yang memperoleh apresiasi adalah Yogie Achmad As-Syauqie dan Fifi Firman Muntaco.

Penulis: Yulis Sulistyawan
Editor: Willem Jonata
zoom-in Seniman dan Pelestari Budaya Betawi Dapat Apresiasi di Festival Kuliner
Ist
Fifi Firman Muntaco atau Mpok Fifi dan Yogie Achmad As-Syauqie, seniman dan pelestari budaya Betawi memperoleh apresiasi di Festival Legendaris GrabFood, (20/11/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Upaya dan kerja keras Yogie Achmad As-Syauqie mendapat apresiasi di acara puncak Festival Legendaris GrabFood yang digelar di Bekasi beberapa hari lalu. 

Apresiasi itu diperoleh Yogie sebagai tokoh lokal legendaris Jakarta yang berkontribusi dalam melestarikan budaya khas Betawi.

Yogie saat ini menjabat Ketua Komunitas Ondel-Ondel DKI Jakarta yang menaungi 25 sanggar dengan 300 anggota aktif.

Sebelumnya, ia sempat menjadi content creator di YouTube untuk mengenalkan ondel-ondel melalui kanal Video Unik yang telah diikuti lebih dari 781.000 pengikut. 

Baca juga: Jakarta Festival Batik Betawi: Pengunjung Rasakan Batik Jakarta Perkaya Dunia Batik Tanah Air

Tak hanya Yogi, apresiasi yang sama juga diperoleh Fifi Firman Muntaco atau Mpok Fifi.

Mpok Fifi merupakan seorang seniman Betawi yang mengelola sanggar musik Betawi Samrah sejak 1993 sebagai warisan dari sang ayah, mendiang sastrawan Betawi Firman Muntaco.

Semasa hidupnya, Firman telah menghasilkan ribuan karya tulis, di mana 500 di antaranya adalah cerpen berdialek Betawi yang tersimpan di pusat dokumentasi HB Jassin, Taman Ismail Marzuki.

BERITA TERKAIT

Sebagai penerus sang ayah, Fifi Firman Muntaco dan sanggarnya kerap menjuarai berbagai lomba kesenian Betawi.

Festival Legendaris GrabFood merupakan festival kuliner digelar di delapan kota, yaitu Palembang, Medan, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar dan wilayah Jabodetabek.

Puncak festival berlangsung hari ini, Minggu (20/11) di Stadion Patriot Bekasi.

Selain momen apresiasi bagi pahlawan lokal yang berkontribusi melestarikan budaya, festival ini menghadirkan ragam produk kuliner daerah legendaris di berbagai daerah.

Tak terkecuali para pemilik usaha kuliner lokal berperan penting dalam melestarikan citarasa khas Tanah Air, selain juga menjadi mitra strategis GrabFood dalam berkontribusi ke ekonomi daerah.

Sejumlah mitra resto GrabFood pun turut meramaikan acara Festival Legendaris GrabFood di setiap kotanya.

Tak terkecuali para mitra pengemudi Grab yang berperan aktif di lingkungan sekitar.

Festival ini juga untuk makin mengedepankan posisi GrabFood sebagai tujuan utama untuk para konsumen mencari restoran-restoran, tempat makan, dan menu legendaris Indonesia.

Hadi Surya Koe, Head of Marketing, GrabFood & GrabMart, Grab Indonesia menyampaikan, “Festival Legendaris GrabFood yang digelar di 8 kota ini menjadi momen khusus yang kami manfaatkan untuk memberikan apresiasi bagi para pahlawan-pahlawan lokal yang telah berjasa dalam memberikan kontribusi bagi kotanya."

"GrabFood Percaya kuliner Indonesia dan berharap lewat acara ini, masyarakat Indonesia dapat terus menikmati sajian lokal kebanggaan kotanya,” tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas