Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ajang F1 Powerboat Segera Dihelat, Bos InJourney Sebut Bakal Dongkrak Ekonomi dan Wisata Danau Toba

F1 Powerboat akan mempromosikan destinasi pariwisata dan memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi wilayah sekitar Danau Toba.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Ajang F1 Powerboat Segera Dihelat, Bos InJourney Sebut Bakal Dongkrak Ekonomi dan Wisata Danau Toba
Indonesia.travel
Danau Toba. Perhelatan F1 Powerboat Danau Toba Indonesia segera berlangsung pada 25-26 Februari 2023 mendatang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perhelatan F1 Powerboat Danau Toba Indonesia segera berlangsung pada 25-26 Februari 2023 mendatang.

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menyebut, event ini digadang-gadang akan mempromosikan destinasi pariwisata dan memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi wilayah sekitar Danau Toba.

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria, menjelaskan, ekonomi dan pariwisata di daerah sekitar nantinya akan dapat tumbuh dan berdampak positif pada masyarakat.

“Kami percaya bahwa penyelenggaraan event ini akan menciptakan multiplier effect yang signifikan, serta peningkatan perputaran ekonomi terhadap potensi pariwisata, olahraga, serta ekonomi kreatif di Toba maupun di Indonesia,” papar Dony dalam keterangannya, (4/2/2023).

Baca juga: Pimpinan Komisi VI DPR Minta Ajang Balap F1H20 di Danau Toba Libatkan UMKM Lokal

Ia juga menjelaskan, saat ini kesiapan F1 Powerboat hampir rampung.

Wet Paddock dan Dry Paddock telah selesai dibangun, selanjutnya podium akan segera diselesaikan, dan kargo kontainer juga sudah tiba di Pelabuhan Belawan.

BERITA TERKAIT

Dony melanjutkan, pihaknya juga berkolaborasi dan berkoordinasi intens dengan masyarakat setempat.

Masyarakat dipersilahkan untuk membuat acara menonton bersama (nobar) dengan memungut biaya sendiri.

"Tempat-tempat nobar tersebut sudah barang tentu harus teregistrasi oleh InJourney agar tetap termonitor. Hal ini menunjukkan bahwa F1Powerboat akan memberikan dampak langsung bagi masyarakat itu sendiri,” tambahnya.

Selain berkolaborasi dengan masyarakat, event ini juga melibatkan 500 masyarakat/pelajar yang akan terlibat untuk menyukseskan event ini.

Nantinya, mereka akan diberikan sertifikat bahwa mereka terlibat event ini.

“Kita juga akan mendata UMKM dan beberapa rumah warga yang telah kami ajak untuk convert sebagai homestay, sehingga hal ini akan menambah akomodasi yang dampaknya dapat langsung dirasakan masyarakat sekitar,” ujar Dony.

Menurut Dony, F1Powerboat ini bisa terselenggara dengan kerjasama dari seluruh pihak. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, media, dan tentunya masyarakat.

“Jadi semuanya saling bahu-membahu, bersinergi, dan dikerjakan secara holistik. Saya ucapkan terima kasih yang sangat besar bagi peran aktif masyarakat di kawasan Danau Toba pada khususnya, dan Sumatera Utara pada umumnya,” ucap Dony.

InJourney juga telah menandatangani kerja sama dengan sejumlah perusahaan sponsor yang siap mendukung ajang balap kelas dunia tersebut.

Salah satunya adalah PT Mayora Indah Tbk sebagai official titling sponsor.

Selain PT Mayora Indah Tbk, beberapa perusahaan lain diantaranya PT Parna Raya, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk., PT Musim Mas, PT Sari Agrotama Persada, PT Astra Agro Lestari Tbk., dan Asosiasi Semen Indonesia terpilih sebagai supporting sponsor.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria dan para pihak sponsor disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pemuda dan Olah Raga, Zainuddin Amali, dan Wakil Menteri II BUMN, Kartika Wirjoatmodjo.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas