Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Blog Tribunners

SAMBO Peluang segar Prestasi Indonesia

Disela-sela kesibukannya memperkenalkan olahraga SAMBO di kalangan remaja Jakarta, Subhan Prasandra yang terlebih dahulu dikenal sebagai praktisi olah

Penulis: Tribun Sports
Editor: Samuel Febrianto
zoom-in SAMBO Peluang segar Prestasi Indonesia
Istimewa
Sandro SAMBO Team 

TRIBUNNERS - Disela-sela kesibukannya memperkenalkan olahraga SAMBO di kalangan remaja Jakarta, Subhan Prasandra yang terlebih dahulu dikenal sebagai praktisi olahraga Judo dan Newaza Jujitsu tampak serius dalam memaparkan materi beladiri SAMBO kepada anggota Sandro Academy, Grappler's Haven di Hall Gulat, Gelora Bung Karno Senayan Jakarta Selatan.

Olahraga SAMBO itu sendiri merupakan olahraga beladiri yang dikhususkan untuk kebutuhan militer pada saat pengembangannya.

Adapun kalimat SAMBO merupakan akronin dari САМооборона Без Оружия (SAMooborona Bez Oruzhiya), artinya bela diri tanpa senjata.

Oleh karenanya, penulisan SAMBO wajib ditulis dengan huruf kapital (huruf besar).

Meski cuaca tidak mendukung dan tidak menggunakan seragam SAMBO resmi, Subhan Prasandra bersama rekannya Ridwan Rasyid tetap semangat memperlihatkan rangkaian teknik dasar olahraga SAMBO dihadapan puluhan remaja berusia 15 -25 tahunan tersebut.

Dengan mengusung konsep Sport dan Combat SAMBO, Subhan menjelaskan bahwa olahraga SAMBO dan Judo tidak memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Hanya berbeda di seragam dan penambahan teknik kuncian kaki (Leg lock).

BERITA TERKAIT

Ia menambahkan, dengan banyaknya kemiripan dalam aplikasi teknik. Pada prinsipnya seorang praktisi Judo sangat mudah mengadaptasi materi SAMBO ketimbang praktisi beladiri lainnya.

Saat ini di Indonesia, SAMBO telah memiliki induk organisasi resmi yang telah diakui oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI), yakni Pengurus Besar Persatuan SAMBO Indonesia (disingkat PB PERSAMBI).

Sambil terus menjelaskan, saat ini Subhan ikut dipercaya menjabat sebagai Sekretaris Umum PB PERSAMBI hingga tahun 2020 mendatang.

Ia kembali menuturkan bahwa sejak tahun 2008, sebenarnya ia telah membangun perkumpulan SAMBO dalam skala kecil.

Dimana, dalam proses pelatihannya beberapa atlet binaannya, diantaranya bahkan telah berhasil menyumbangkan prestasi bagi Indonesia di tingkat Asia dan Dunia.

Kompetisi terakhir yang diikuti oleh PB PERSAMBI adalah World SAMBO Championship di Kota Casablanca, Maroko.

Sayang dikesempatan tersebut, Indonesia belum bisa berbicara banyak dalam hal prestasi. Selain minim latihan, duta Indonesia rata-rata masuk dalam pool atlet kelas dunia seperti Rusia dan negara pecahannya.

Halaman
12
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas