Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners
Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.


Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Tribunners / Citizen Journalism

Elex Media Terbitkan Buku “Rock Humanisme God Bless”

Adalah God Bless. Di tengah gelombang pasang surut perkembangan khususnya musik rock di tanah air

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Elex Media Terbitkan Buku “Rock Humanisme God Bless”
foto: alex palit

Oleh: Alex Palit

Pak Alex, sugeng siang.
Pak, sampun, saget terbit. Sakmenika nembe kula beresi kelengkapan naskahipun, plus nembe dipun-susun foto-fotonipun. Saya coba selesaikan naskahnya sampai akhir bulan ini (plus menyusun foto-fotonya), dan awal Maret mulai layout, sehingga diharapkan bisa masuk toko di bulan April.
Layouter-nya saya pilih orang yang memahami musik, sehingga meminimalkan kesalahan sekaligus (semoga) supaya desainnya cocok.

Begitu pesan email yang saya terima Selasa kemarin (2/2) dari Managing Editor - General Books PT Elex Media Komputindo. Jelas kabar ini sangat menggembiraikan saya. Akhirnya penantian saya membukukan grup rock legendaris God Bless tidak sia-sia.

Adalah God Bless. Di tengah gelombang pasang surut perkembangan khususnya musik rock di tanah air, pencapaian usia 42 tahun bukanlah waktu pendek yang harus dilalui bagi sebuah grup band untuk tetap eksis.

Bahkan keberadaan God Bless disebutkan sebagai satu-satunya grup band rock era 1970-an yang hingga kini masih eksis. Pencapaian ini jelas merupakan sebuah prestasi dan catatan sejarah tersendiri bagi God Bless dalam kiprahnya di jagad musik rock Indonesia.

Adalah wajar bila kemudian atas pencapaian prestasinya ini, God Bless dinobatkan dan dianugerahi penghargaan sebagai grup band rock legendaris.

Adalah wajar pula bila kemudian atas pencapaian prestasinya ini, God Bless yang dalam kiprah bermusiknya banyak mengangkat tema lirik lagu humanisme menyandang predikat sebagai ikon rock Indonesia.

BERITA REKOMENDASI

Bahkan boleh dibilang bahwa God Bless adalah satu-satunya grup band rock Indonesia yang punya komitmen dan konsisten dalam mengangkat tema humanisme yang menghias di setiap albumnya.

Komitmen dan konsistensi mengangkat topik humanisme, mulai dari isu kemanusiaan pada umum sampai ke ragam kritik sosialnya menjadi tema sentral lagu-lagu God Bless.

Bahkan kalau kita simak dan dicermati banyak di antara tema humanisme lirik lagu-lagu yang disuarakan God Bless masih faktual dan kontekstual merepresentasikan realitas sosial yang sedang terjadi yang kita hadapi saat ini.

Adalah wajar pula bila kemudian atas pencapaian prestasinya ini diapresiasi dibukukan. Sayang sekali kalau grup band rock legendaris sekaliber God Bless tidak dibukukan.

Alhamdullilah, niatan ini direspon dan diapresiasi oleh penerbit PT Elex Media Komputindo bersedia menerbitkan “Rock Humanisme God Bless”.


Pada akhirnya saya ingin mendedikasikan buku ini sekaligus hadiah menyambut ulang tahun 43 tahun usia God Bless pada 5 Mei 2016.

Sekaligus buku ini juga saya persembahan kepada insan dan pecinta rock Indonesia, jangan mengaku rockers sejati kalau belum baca buku ini!

* Alex Palit, citizen jurnalis “Jaringan Pewarta Independen”, pendiri Forum Apresiasi Musik Indonesia (Formasi)

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas