Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners
Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.


Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Tribunners / Citizen Journalism

Sudah 6 Tahun TKI Asal Cianjur Hilang Kontak di Saudi Arabia

Ecin Binti Sasmita TKI di Arab Saudi dilaporkan hilang oleh keluarganya.

Editor: Samuel Febrianto
zoom-in Sudah 6 Tahun TKI Asal Cianjur Hilang Kontak di Saudi Arabia
Istimewa
Ecin Binti Sasmita Komi 

Ditulis oleh : Prospertki

TRIBUNNERS - Menceritakan kisah seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI), mungkin tak akan pernah ada habisnya. Dari mulai kisah penyiksaan, pelecehan, ancaman hukuman, dan hingga yang tak pernah pulang ke kampung halamannya.

Seperti di Kabupaten Cianjur, seorang TKI asal Kampung Puncakawi, Desa Cibodas, Kecamatan Cijati dinyatakan hilang di Saudi Arabia.

Ecin Binti Sasmita Komi (37)  bekerja di kota Jeddah, Saudi Arabia, sejak 4 Oktober 2009. Ia berangkat ke Saudi Arabia melalui PT Qafto pada 04 Oktober 2009. Ia bekerja di kota Jeddah dengan majikan Sami Muhammad Guti Duwedi.

Ia seharusnya pulang ke tanai air pada tahun 2011, menyusul berakhir masa kontraknya.

“Dari pengaduan Amsor yang merupakan suami dari Ecin diketahui, bahwa Ecin sejak berangkat menjadi TKI ke Saudi Arabia hingga saat ini tak pernah ada kabar beritanya. Suaminya sering mencoba menghubungi pihak majikan, tetapi selalu dijawab tidak ada, dan teleponnya langsung dimatikannya," ujar Ade Komarudin, seorang tetangga dari Encin, saat mengadu ke POSPERTKI Saudi Arabia.

Keluarga Ecin juga telah berusaha melaporkannya  ke Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur pada 20 Januari 2015. Namun hingga kini belum ada titik terang mengenai keberadaan Ecin. 

BERITA TERKAIT

Ade Komarudin berharap POSPERTKI Saudi Arabia dapat membantu mencari Ecin Binti Sasmita.

Menanggapi hal tersebut, Ramida Muhammad Ketua Umum PPLN POSPERTKI Saudi Arabia, akan melaporkan kasus Encin ke KJRI Jeddah.

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas