Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners
Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.


Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Tribunners / Citizen Journalism

Riki Enumbi: Kehadiran Prajurit TNI Bantu Masyarakat Papua

Kehadiran prajurit TNI dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat Kampung Trikora, Kota Mulia.

Ditulis oleh : Puspen TNI

TRIBUNNERS - Kehadiran prajurit TNI dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat Kampung Trikora, Kota Mulia.

Menurut Kepala Kampung Trikora, Kota Mulia, Puncak Jaya, Papua, Riki Enumbi, TNI membantu meningkatkan wawasan masyarakat Papua mengenai bercocok tanam.

Hal itu ia katakan di sela-sela pembagian bibit tanaman di Kota Mulia, Selasa (1/3/2016).

Menurut Riki Enumbi, kegiatan tersebut disambut antusias oleh masyarakat. Diharapkan kegiatan dapat meningkatkan hasil pertanian masyarakat Puncak Jaya, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan mereka secara mandiri.

Selama ini masyarakat Puncak Jaya mendapatkan bahan makanan yaitu dari daerah lain. Bahan makanan dibawa melalui angkutan udara.

Oleh karena hal tersebut, harga bahan makanan di Puncak Jaya sangat tinggi. 

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Czi Berlin mengatakan, kegiatan dilaksanakan oleh Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 509/Kostrad dibawah pimpinan Mayor Inf Beny Setiyanto bekerjasama dengan Koramil 1714-01/Mulia di Papua.

Kegiatan berupa pembagian bibit tanaman seperti jagung, kedelai, tomat, cabe, timun, dan lain-lain.

“Bibit tanaman yang dibagikan bagi masyarakat di Kota Mulia adalah bibit tanaman yang diperkirakan paling cocok untuk ditanam di daerah Puncak Jaya. Selama ini, masyarakat Puncak Jaya hanya menanam tanaman seperti Ubi Rambat dan Talas dengan teknik bercocok tanam seadanya,” katanya.

Disampingi membantu bibit tanaman, Prajurit TNI Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509/Kostrad juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat dan para pelajar mengenai teknik bercocok tanam, sehingga menjadi motor dalam menggerakkan masyarakat dalam menyukseskan program Swasembada Pangan di Kota Mulia, Kabupaten Puncak Jaya.

Peningkatan pangan adalah salah satu prioritas program pembangunan pemerintahan Presiden Joko Widodo 2014-2019 dalam mewujudkan swasembada pangan, program ini tidak hanya melibatkan Kementerian terkait, tetapi juga menggandeng TNI dalam merealisasikannya.

BERITA REKOMENDASI

“Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut arahan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam hal serbuan teritorial sebagai salah satu wujud dukungan TNI terhadap program pemerintah di bidang ketahanan pangan. TNI senantiasa mendukung kepastian kedaulatan pangan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, khususnya dalam membantu peningkatan pangan masyarakat di wilayah Kabupaten Puncak Jaya,” kata Kolonel Czi Berlin.

Kolonel Czi Berlin G. juga menjelaskan bahwa kondisi topografi serta karakteristik tanah di Wilayah Kabupaten Puncak Jaya secara umum cukup subur, dengan ketersediaan sumber air yang sangat memadai untuk kegiatan pertanian.

Hanya saja tekstur tanahnya yang berbatu dan bentuk topografi yang bergunung-gunung, sehingga dibutuhkan teknik khusus dan usaha ekstra dalam menyiapkan lahan yang baik untuk ditanami.

“Posisi Puncak Jaya yang berada di wilayah dataran tinggi mengakibatkan hanya tanaman-tanaman tertentu saja yang dapat tumbuh dengan baik di daerah Puncak Jaya,” ujarnya.

Sebelum berangkat ke wilayah penugasan, Prajurit TNI Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509/Kostrad telah mengumpulkan data mengenai kondisi topografi dan karakteristik tanah di wilayah penugasan dengan berkoordinasi ke instansi-instansi terkait dalam rangka menentukan bibit-bibit tanaman yang sesuai.

Selain itu pada saat di Puncak Jaya dilaksanakan penyuluhan mengenai cara bercocok tanam yang baik dan disesuaikan dengan kondisi alam setempat, dimana materi penyuluhan disampaikan oleh Satgas Pamrahwan yang telah mendapatkan pelatihan di Dinas Pertanian Jember.
 

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas