Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners
Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.


Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Tribunners / Citizen Journalism

Seni Dapat Menambah Nilai Properti Anda

Sangat jelas, menggantungkan lukisan Rembrandt di properti Anda akan meningkatkan nilai harga jual, tapi bagaimana dengan seni rupa publik dan pengaru

Editor: Samuel Febrianto

Ditulis oleh : Lamudi

TRIBUNNERS - Sangat jelas, menggantungkan lukisan Rembrandt di properti Anda akan meningkatkan nilai harga jual, tapi bagaimana dengan seni rupa publik dan pengaruhnya terhadap harga properti?

"Proyek modern memerlukan bangunan inti dan seni rupa yang bisa menyatukan sebuah komplek hunian, menciptakan titik vokal,” ujar Steven Ghoos, Managing Director Lamudi.co.id, marketplace properti.

Seni rupa membawa berbagai keuntungan untuk proyek real-estate, meningkatkan waktu di lokasi, mengulang kunjungan, dan yang paling penting, suara langkah kaki.

Semua ini adalah faktor utama saat mempertimbangkan metode-metode dalam mempertahankan nilai sebuah komplek.

Seni rupa kini bisa dilihat di ruang-ruang publik di antara gedung-gedung, di jalan dan seringkali dilihat sama pentingnya dengan gedung-gedung tersebut.

Tentu saja, tidak semua proyek pengembangan dapat ditingkatkan nilainya dengan memamerkan seni rupa.

BERITA REKOMENDASI

Setting, biaya, dan visibility menjadi pertimbangan yang penting untuk mengadakan seni rupa publik.

Dapatkan seni rupa menambah nilai

Seni rupa seringkali dapat menambah nilai pada suatu komplek hunian, sebuah faktor penarik yang memberikan semangat pada area tersebut.

Apakah prakarsa sebuah karya seni datang dari perusahaan konstruksi, penegmbang, ataupun asosiasi perumahan di kotamadya, kuncinya adalah untuk memilikinya pada awal proses pengembangan komplek.

Penempatan seni  rupa di tempat umum telah meningkat secara signifikan di Indonesia, sebagian besar adalah untuk menambah insentif nilai ekonomi pada properti.

Prinsip untuk seni rupa publik

Prinsip ini adalah persentase dana konstruksi yang harus digunakan untuk mengakusisi seni rupa. Definisi tradisional yaitu sekitar satu persen dari dana total untuk dapat dialokasikan untuk hal ini.

Apakah seni benar-benar dapat menambah nilai ekonomi yang signifikan untuk sebuah proyek pengembangan masih harus dilihat; tetapi semakin banyak pengembang yang bersedia mengambil risiko itu.

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas