Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Kadin: Keputusan Direksi Pelindo II Menaikan Tarif Progresif di Tanjung Priok Ngawur

Kadin sangat menyayangkan pernyataan Pelaksana tugas (Plt) Dirut Pelindo II Dede R Martin yang menegaskan bahwa penerapan tarif progresif atau pinalti

Ditulis oleh : Sekretariat Kadin Indonesia

TRIBUNNERS - Kadin sangat menyayangkan pernyataan Pelaksana tugas (Plt) Dirut Pelindo II Dede R Martin yang menegaskan bahwa penerapan tarif progresif atau pinalti sebesar 900 persen terhadap peti kemas impor mampu menekan dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok.

Apalagi jika dikaitkan bahwa penerapan tarif progresif itu tidak menyebabkan naiknya beban biaya logistik melalui pelabuhan.

"Beban biaya tarif progresif ini jelas akan dirasakan pengguna jasa," kata Rico Rustombi, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Logistik dan Pengelolaan Rantai Pasokan, Senin (14/3/2016).

Bagaimana mungkin tidak menjadi beban, karena perhitungan pengenaan tarif progresif 900 % sudah di berlakukan pada hari ke 2 setelah kapal sandar di pelabuhan, sementara pekerjaan bongkar muat peti kemas dilakukan oleh pihak Pelindo dan memerlukan waktu sekitar 4-5 jam.

Sementara rata-rata waktu kedatangan kapal pada pukul 10-11 malam, lewat jam 12 malam sudah di
kenakan tarif progresif, ujar Rico Rustombi.

Rico menambahkan bahwa keputusan yang tidak rasional, sebagai pembanding di negara tetangga (Singapura, Malaysia, Thailand ) bahwa perhitungan dwelling time di hitung sejak selesai bongkar kapal dan bukan sejak sandar kapal.

Keputusan Pelindo II atas kenaikan tarif menunjukkan signal kepanikan perusahaan plat merah ini dalam mengatasi masalah dwelling time.

Kadin sangat memahami semua proses dan cost yang mesti dikeluarkan selama proses bongkar barang di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Pernyataan pelaksana tugas itu terkesan mengabaikan beban yang mesti ditanggung para pelaku usaha, di tengah kelesuan ekonomi."

Halaman
1234
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas