Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Mensos: Korban Meninggal Diberikan BSK Rp 15 Juta Per Jiwa

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, saat ini ada 36 titik pengungsian akibat bencana banjir di Kabupaten Bandung.

Editor: Samuel Febrianto
zoom-in Mensos: Korban Meninggal Diberikan BSK Rp 15 Juta Per Jiwa
Tribunnews/Lendy Ramadhan
Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa dalam suatu acara di Hotel The Ritz Carlton, Mega Kuningan Timur, Jakarta Selatan, Kamis (10/3/2016). 

Ditulis oleh : Humas Kementerian Sosial

TRIBUNNERS - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, saat ini ada 36 titik pengungsian akibat bencana banjir di Kabupaten Bandung.

Salah satu ikhtiar pemerintah daerah untuk memperbanyak pompa air agar segera surut.

“Bencana banjir mengakibatkan berbagai aktifitas warga terganggu, tapi hari ini siswa SMP mulai masuk karena persiapan ujian semester, ” ujar Mensos di Kantor Kecamatan Dayeuhkolot, Bandung, Jawa Barat, Senin (14/3/2016).

Untuk peralatan sekolah, kata Mensos, yang terkena banjir mesti menjadi perhatian pemeritnah dareah (pemda) Kabupaten Bandung dan Provinsi Jawa Barat mengingat siswa SD kelas 6 dan SMP kelas 3 persiapan ujian.

“Pemda harus memberikan pelayanan dan perhatian untuk buku-buku yang terkena bencana banjir, khususnya bagi siswa SD kelas 6 dan SMP kelas 3," ucapnya.

Dengan adanya perhatian dari Pemda, diharapkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tidak terganggu dan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Di tempat pengungsian Kementerian Sosial (Kemensos) sudah ada SOP penanganan.

BERITA TERKAIT

“Di Kemensos sudah ada SOP penanganan pasca terjadi bencana, selain logistic permakanan, selimut, matras, dapur umum lapangan (Dumlap), family ware, kids ware dan sebagainya," katanya.

Kemensos menyiapkan Bantuan Santunan Kematian (BSK) Rp 15 juta per jiwa korban meninggal dunia dan diserahkan kepada keluarga korban atau ahli warisnya.

"BSK Rp 15 juta berlaku secara nasional dan kepada dinas sosial  agar menyampaikan dan bisa melengkapi berbagai persyaratan administratifnya," ujarnya.

Selain itu, Kemensos memberikan paket bantuan, berupa mobil tangki air dan buffer stock, seperti lauk pauk 1000 paket, makanan anak 1000 paket, matras 1000 lembar, kid ware 400 paket, food ware 250 paket, sandang 200 paket, selimut 1000 paket, serta family kit 400 peket.

"Total paket bantuan Rp 733.303.800, agar para pengungsi bisa memenuhi kebutuhan dasar di lokasi pengungsian," katanya. 

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas