Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners
Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.


Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Blog Tribunners

Tak Hanya untuk Obati Kanker Buah Bit Juga Dapat Mengobati Penyakit Ini

Masyarakat Indonesia, kini sudah familiar dengan buah bit seiring dengan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Penulis: Jazila Alyanisa

TRIBUNNERS - Masyarakat Indonesia, kini sudah familiar dengan buah bit seiring dengan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Seringnya hanya buah dari tanaman umbi-umbian ini yang dikonsumsi sebagai obat, namun daun tanaman dari kerabat bayam ini juga dapat dikonsumsi.

 

Berikut sejumlah manfaat dari bit.

Mencegah Kanker

Warna ungu bit berasal dari pigmen bernama betasianin yang juga merupakan antioksidan yang antikanker.

Pada tahun 2011, studi yang dilakukan Howard University, Amerika Serikat, menemukan bahwa betasianin dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara dan prostat sampai 12,5% dalam 7 hari.

Melancarkan Pencernaan

Bit kaya akan serat, sehingga dapat mempermudah pencernaan makanan dalam usus. Serat menyebabkan perbaikan pergerakan perut serta melunakkan kotoran sehingga mencegah konstipasi.

Selain itu, bit juga mengandung betain yang dapat menormalisasi asam lambung

Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Serangan jantung dan stroke dapat terjadi karena tekanan darah yang terlalu tinggi.

Hal tersebut dapat dicegah dengan kandungan nitrat anorganik yang melimpah pada bit. Nitrat anorganik dapat melebarkan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir lebih lambat dan tekanan darah turun.

Mempertajam Kekuatan Otak

Selain mencegah darah tinggi, kandungan nitrat yang tinggi dalam bit juga dapat memperlancar laju darah menuju otak. Hal ini menyebabkan otak menjadi lebih tajam dan mencegah terjadinya dementia.

Mendukung Pertumbuhan Janin

Umumnya tubuh tidak memiliki asam folat yang cukup sehingga dibutuhkan asupan dari luar tubuh untuk memenuhi kebutuhan asam folat. Bit kaya akan asam folat sehingga bit sangat baik untuk mendukung pembentukan otak dan saraf tulang belakang janin.

Mengobati Peradangan

Peradangan pada sistem kardiovaskular dapat menyebabkan beberapa penyakit jantung seperti artherosklerosis. Hal tersebut dapat dicegah oleh zat betalain dan betanin dalam bit yang dapat mencegah sel memproduksi molekul penyebab peradangan.

Membantu Detoksifikasi Tubuh

Selain untuk mengobati peradangan, kandungan betalain dalam bit juga dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Betalain memicu aktivitas glutathione-S-transferase yang berfungsi menetralisir racun dan membuatnya mudah diekskresikan keluar dari tubuh.

Meningkatkan Energi

Bit memiliki kandungan gula tinggi sehingga bit dapat menghasilkan banyak energi untuk tubuh. Menariknya, kandungan gula dalam bit rendah kalori sehingga bit lebih sehat untuk dikonsumsi dibanding makanan tinggi gula lainnya.

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas