Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Baca Ini Dulu Sebelum Unduh Pokemon Go

ortinet perusahaan terkemuka di tingkat global dalam solusi kinerja tinggi keamanan cyber, mengeluarkan peringatan untuk para gamer agar berhati-hati

Editor: Samuel Febrianto
zoom-in Baca Ini Dulu Sebelum Unduh Pokemon Go
The Pokemon Company
Pokemon Go. 

Ditulis oleh : Magdalena Solagracia

TRIBUNNERS - Fortinet perusahaan terkemuka di tingkat global dalam solusi kinerja tinggi keamanan cyber, mengeluarkan peringatan untuk para gamer agar berhati-hati saat mengunduh aplikasi permainan populer seperti Aplikasi Pokemon Go dari sumber yang tidak dikenal.

"Menjelang peluncuran resmi Pokemon Go di wilayah APAC, beberapa gamer yang tidak sabar mungkin telah men-download game virtual melalui situs web pihak ketiga tanpa jaminan dan platform media sosial," kata Axelle Apvrille, Senior Mobile Antivirus Researcher di Fortinet. 

"Seperti kebanyakan aplikasi saat ini, Pokemon Go (atau aplikasi pihak ketiga) mengekspos privasi dan menyiratkan arus jaringan yang tidak diinginkan. Dengan meningkatnya Pokemon Go, penulis malware cenderung terus mengemas ulang permainan dengan berbagai malware dan mendistribusikannya di saluran yang berbeda pada platform Android dan iOS."

Menurut Fortinet, ada dua jenis aplikasi Pokemon Go yang perlu diwaspadai oleh para gamer.

Versi Asli

Dirilis oleh pengembang asli Niantic, aplikasi ini umumnya tidak berbahaya.

BERITA TERKAIT

Versi Diretas

Dikembangkan oleh pengembang pihak ketiga, yang umumnya dikenal sebagai "mods", aplikasi tersebut kemungkinan besar terinjeksi dengan malware.

Salah satu versi tersebut yang diidentifikasi oleh Fortinet FortiGuard Labs telah disuntik dengan DroidJack RAT (Remote Access Tools), yang dikenal sejak tahun 2015. Sementara itu, perangkat yang terinfeksi beroperasi secara normal, malware diam-diam menyerang dari belakang setiap kali telepon diaktifkan.

Namun, tidak semua versi yang diretas berbahaya. Fortinet telah diperiksa hacks untuk bermain di Android 4.0 (persyaratan minimum biasanya 4.4), atau mengubah koordinat GPS, keduanya tidak menunjukkan niat berbahaya apapun.

Mengetahui Risiko sebelum Mengunduh

FortiGuard Labs milik Fortinet telah mendata risiko-risiko utama untuk para gamer sebelum mengunduh Pokemon Go.

Memasang Versi yang Terinfeksi

Halaman
12
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas