Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

5 Cara Merawat Gigi Berlubang

Jika sudah terjadi kerusakan organ gigi seperti gigi berlubang maka kita harus melakukan perwatan yang super ketat.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in 5 Cara Merawat Gigi Berlubang
net

TRIBUNNERS - Organ Gigi sangatlah penting bagi kehidupan manusia.

Fungsi utamanya adalah untuk membantu mengunyah makanan.

Nah tentu saja Kesehatan gigi menjadi prioritas yang harus di utamakan untuk dirawat dan dijaga. Karena organ gigi sering berhubungan langsung dengan bakteri yang ada di mulut, yang  merupakan pintu paling awal  masuknya bakteri ke dalam tubuh.


Merawat Gigi
Organ Gigi juga dapat berpengaruh juga pada kesempurnaan penampilan kita. Nah, untuk itu kita juga  di anjurkan untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan organ gigi.
 
Namun, apabila sudah terjadi kerusakan organ gigi seperti gigi berlubang maka kita harus melakukan perwatan yang super ketat.
 
Di bawah ini ada beberapa  cara yang dapat kamu terapkan untuk merawat dan menjaga gigi berlubang agar gigi kamu tetap sehat dan terhindar dari rasa sakit dan nyeri yang bisa datang secara tiba tiba.
1 hindari makanan tak sehat untuk gigi berlubang
 
Cara pertama adalah menghindari makanan makan tertentu.
 
Jika kamu memiliki gigi yang berlubang, kamu wajib banget untuk menghindari makanan makanan yang tentunya tidak baik untuk di konsumsi.
 
Karena jika kamu memakan makanan yang tidak di anjurkan maka akibatnya akan sangat fatal seperti kambuhnya rasa nyeri pada gigi yang berlubang tersebut. 
 
Kamu sangat tidak di anjurkan untuk makan makanan yang terlalu keras untuk di kunyah, makanan yang terlalu dingin atau panas, makanan yang terlalu banyak bumbu, terlalu manis dan lainnya.
 
Nah, jika kamu memiliki masalah gigi berlubang maka kamu sarus menghindari makanan yang "terlarang" tadi. 
 
2  Menggosok  gigi  secara rutin
 
Cara yang kedua untuk menjaga dan merawat organ gigi yang berlubang yang paling mudah namun sering di sepelekan banyak orang adalah adalah dengan menggosok gigi secara rutin, tentunya dengan cara mengosok gigi yang benar juga ya. 
 
Gigi berlubang biasanya disebabkan oleh kamu yang sering sekali tidak rutin menggosok gigi secara benar yang dilakukan minimal 2 kali dalam sehari.
 
Maka dari itu, kamu wajib banget untuk mematuhi anjuran untuk menggosok gigi kamu seacara rutin 2 kali dalam sehari ya. 
 
 
3 Gunakan pasta gigi khusus
 
Cara yang ke tiga buat Kamu yang memilik masalah gigi berlubang, sangat di anjurkan oleh dokter untuk menggunakan pasta gigi yang khusus untuk merawat dan menjaga masalah gigi yang berlubang. 
 
Biasanya Pasta gigi yang dikhususkan untuk orang yang memiliki  masalah gigi berlubang akan mengandung  banyak kalsium dan xylitol yang tujuannya untuk memperbaiki email gigi atau bagian gigi yang rusak dan berlubang. 
 
Gunakan cara yang satu ini untuk merewat dan menjaga gigi berlubang kamu ya. 
 
4  kumur kumur denga air garam
 
Cara yang keempat adalah Ketika gigi berlubang kamu mengalami kambuhan yaitu terasa nyeri, atau bahkan mulai mengalami pembengkakkan maka pertolongan pertama yang kamu harus lakukan adalah meringankan rasa sakit tersebut dengan berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam.
 
Air garam ini berguna menjadi anti-bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang atau terserang nyeri. Ini adalah cara merawat dan menjaga gigi tradisional yang bisa kamu lakukan. Cara yang harus dilakukan adalah dengan melarutkan 1 sendok garam dengan segelas air hangat. 
 
5 makan makanan yang banyak mengandung kalsium
 
Cara yang terakhir adalah Dengan Mengonsumsi makanan yang memliki kandungan kalsium tinggi kamu bisa merawat dan menjaga bahkan memperbaiki gigi yang berlubang. 
 
Kamu bisa mengonsumsi makan seperti keju, telur, ikan, dan juga bisa ditambah dengan mutivitamin tinggi. Tak lupa dengan meminum susu yang mengandung kalsium. 
 
Tentunya berkonsultasi ke dokter adalah hal yang wajib kamu lakukan apabila memiliki masalah gigi.namun, sebelum itu kamu bisa juga menerapkan 5 cara tadi untuk merawat dan menjaga gigi yang memiliki masalah gigi berlubang. Tentu cara cara tersebut akan berhasil apabila kamu semua terapkan secara rutin. 
 
 

Selengkapnya

BERITA TERKAIT
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas