Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners
Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.


Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Blog Tribunners

Sehat dengan Segudang Manfaat dari Sawi Hijau

Sawi hijau banyak kita jumpai dalam beberapa makanan seperti mie ayam yang memiliki banyak penggemarnya.

Penulis: Wulan Rizqianti Aulia
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Sehat dengan Segudang Manfaat dari Sawi Hijau
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Ilustrasi 

TRIBUNNERS - Sawi hijau merupakan salah satu dari sekian banyak jenis sayuran yang tentu menyehatkan.

Sawi hijau banyak kita jumpai dalam beberapa makanan seperti mie ayam yang memiliki banyak penggemarnya.

Selain sering dijumpai dalam mie ayam, biasanya ibu-ibu rumah tangga mengolah sawi hijau menjadi berbagai jenis makanan seperti tumis sawi hijau, nasi goring sawi hijau, atau sayur sawi hijau yang biasanya olahan sawi hijau tersebut dimasak dengan sayuran atau bahan makanan lain seperti tahu maupun tauge.

Dibalik olahan sawi hijau yang sangat beragam, tentu ada beberapa orang yang tidak terlalu suka bahkan tidak suka mengkonsumsi sawi hijau karena rasanya yang cenderung pahit atau baunya yang khas.

Padahal, sawi hijau memiliki segudang khasiat serta manfaat bagi tubuh, salah satunya ditemukan fakta bahwa sawi hijau dapat mencegah kanker.

Berdasarkan publikasi pada Journal Og Nutrition pada tahun 2004, kandungan  sulforaphane yang cukup banyak pada jenis sawi-sawian cukup efektif untuk mencegah kanker, seperti mencegah pertumbuhan sel kanker payudara.

Kandungan  sulforaphane pada sawi hijau ini diteliti dapat mencegah pertumbuhan macam-macam sel kanker seperti kanker prostat, payudara, ginjal, kandung kemih, kolon, dan paru-paru.

Selain mengandung sulforaphane, sawi hijau juga mengandung  fitokimia glukosinolat yang juga berfungsi untuk menjinakkan sel-sel kanker. Sehingga dengan mengkonsumsi sawi hijau maka akan menurunkan resiko terkena penyakit kanker.

Manfaat atau khasiat sawi hijau selanjutnya yaitu kandungan serat dan kadar air yang cukup tinggi yang dapat membantu mencegah terjadinya sembelit, melancarkan buang air besar sehingga mempertahankan kesehatan pencernaan tubuh.

Sawi hijau juga bagus untuk kulit karena mengandung vitamin A yang merupakan nutrisi yang diperlukan untuk produksi sebum yang membuat rambut lembab.

Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Selain Vitamin A, sawi hijau juga mengandung Vitamin C, dimana asupan manfaat vitamin C atau sama dengan satu cangkir rebus sawi hijau menyediakan lebih dari 50% dari kebutuhan harian yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen dan memberikan struktur pada kulit dan rambut.

Setelah mengetahui berbagai jenis manfaat atau khasiat sawi hijau bagi tubuh, tentu tidak perlu lagi takut untuk mengkonsumsi sawi hijau dengan  menyukai olahan-olahan makanan berbahan dasar sawi hijau yang menyehatkan.

 

BERITA REKOMENDASI
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas