Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Mahasiswa Minta Penegak Hukum Lanjutkan Usut Kasus Bansos

Terkait kasus ini, Kejati Gorontalo telah dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Mahasiswa Minta Penegak Hukum Lanjutkan Usut Kasus Bansos
TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Massa yang menamakan diri Aliansi Mahasiswa Anti Korupsi (ALMASI) menggelar aksi demostrasi di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Mereka menuntut KPK untuk usut tuntas kasus dana bantuan sosial (Bansos) Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo tahun 2011-2012.

Terkait kasus ini, Kejati Gorontalo telah dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Gunawan Albima, Koordinator Aliansi Mahasiswa Anti Korupsi (ALMASI) mengatakan, dalam kasus ini diduga kuat ada penyalahgunaan dana bansos.

"Inilah yang menjadi indikator kami hadir di KPK. Kami tidak akan diam, sampai hari ini untuk melanjutkan persoalan dalam dugaan korupsi bansos dan menyusun nanti penjelasannya yang lebih konkret," sebut Gunawan di tengah aksi.

Gunawan membeberkan, pada 19 Agustus 2015, Kejaksaan Tinggi Gorontalo menerbitkan Surat Perintah Penyidikan dugaan tindak pidana korupsi dana bantuan APBD Bone Bolango tahun 2011-2012 sebagaimana sprindik nomor 426/R.5/Fd.1/08/2015.

Kemudian pada 6 April 2016, Pengadilan Negeri (PN) Gorontalo menolak praperadilan dengan putusan nomor 04/Pidana.Pra/2016/PN.GTO.

BERITA TERKAIT

Selanjutnya, 15 September 2016, Kejati Gorontalo menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) nomor 509/R.5/Fd.1/09/2016 dengan alasan tidak cukup bukti sebagaimana termuat dalam putusan praperadilan nomor 10/Pid.Pra Peradilan/2016/PN/Gto.

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas