Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Blog Tribunners

Tampilan Baru GMail, Hadir Dengan Makna

Bosan dengan tampilan GMail ? Sekarang kamu bisa mengganti tampilan GMail dengan tampilan baru yang lebih halus di mata, ada juga beberapa perubahan d

Penulis: Rio de Bérmano
Editor: Samuel Febrianto
zoom-in Tampilan Baru GMail, Hadir Dengan Makna
NET
Logo Gmail 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bosan dengan tampilan GMail ? Sekarang kamu bisa mengganti tampilan GMail dengan tampilan baru yang lebih halus di mata, ada juga beberapa perubahan dari beberapa sisi pada tampilan baru GMail yang membuatnya lebih oke dari tampilan lamanya.

Pengguna lama GMail pasti sudah sering sekali bahkan setiap hari atau setiap jam melihat tampilan GMail  lama atau yang disebut GMail Klasik, hal yang terlalu sering dan monoton cenderung membosankan. Kali ini GMail mempersembahkan tampilan baru yang mungkin jika tampilan barunya disukai banyak orang akan menjadi tampilan default untuk setiap pengguna yang membuat akun Google  (GMail).

Saya merasa kagum saja dengan tampilan GMail yang baru sehingga terpikirkan untuk berbagi bagaimana rasanya melalui tulisan ini, berikut beberapa tampilan baru GMail yang perlu diketahui:

Kotak Masuk/Daftar Pesan

Kita mulai saja dengan tempat yang paling sering dikunjungi yaitu kotak masuk yang merupakan tempat untuk menampung semua email yang dikirimkan ke alamat email kamu, saat ini tampilannya sedikit berbeda dari sebelumnya.

Seperti yang kita ketahui, kotak masuk GMail akan menampilan baris teks sebagai tinjauan daripada pesan tersebut, tapi ada yang berbeda pada tampilan barunya. Kali ini GMail memiliki kerapatan kotak masuk yang menampilkan tinjauan untuk file / lampiran yang dilampirkan didalam pesan tersebut.

Jika menggunakan setelan Default  maka akan menampilkan tinjauan untuk lampiran dalam pesan tersebut, ketika di klik akan meninjaunya. Ini memudahkan pengguna agar dapat mengetahui apa yang dilampirkan tanpa harus membuka pesannya terlebih dahulu.

BERITA TERKAIT

Setuju atau tidak setuju ? Menurut saya, tampilan kotak masuk GMail  yang baru lebih mem-fokuskan pengguna kepada subjek dari pesan bersangkutan. Bagaimanapun, saya memberi nilai yang bagus untuk perubahan tampilan di kotak masuk atau daftar pesan GMail lainnya.

Quick Action

Dalam tampilan barunya ini, GMail  juga memberikan fitur quick action untuk setiap pesan yang disentuh (hover). Ketika pesan disentuh maka akan menampilkan quick action alias tindakan cepat di sisi kanan pesan yaitu Arsipkan, nbsp;Hapus, nbsp;Tandai Sudah Dibaca, dan Tunda.

Pada nbsp;GMail  Klasik, untuk melakukan tindakan pada satu pesan pun kita harus menandainya (mencentang) dan barulah memilih tindakan yang diinginkan. Tapi pada tampilan baru ini, lebih mempercepat / menghemat waktu hanya untuk sekedar menghapus / mengarsipkan 1 (satu) pesan saja.

Sembulan Pilihan

GMail yang baru lebih enak di mata ketika pointer mouse menyentuh salah satu pesan dari daftar pesan yang ada maka akan mempertebal bagian sudut kiri (kotak centang, tanda bintang) dan sudut kanan menyembulkan quick action. Menurut saya, ini lebih halus dimata daripada tampilan klasik yang merubah warna row (baris).

Tab yang Diaktifkan

Halaman
123
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas