Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Lokakarya dan Workshop INACL Diikuti 12 Institusi

Universitas Budi Luhur mendapat kepercayaan menggelar sebuah lokakarya yang sekaligus dijadikan workshop nasional

Lokakarya dan Workshop INACL Diikuti 12 Institusi
ist
12 Institusi yang mengikuti Loka karya INACL 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Universitas Budi Luhur mendapat kepercayaan menggelar sebuah lokakarya yang sekaligus dijadikan workshop nasional yang diselenggarakan oleh Indonesian Association for Computational Linguistics (INACL) dengan tujuan untuk mengembangkan kegiatan scientific yang berkaitan dengan Computational Linguistics (CL), baik secara teoritis maupun terapan, terutama yang menggunakan Bahasa Indonesia.

CL melibatkan pakar di berbagai bidang keilmuan antara lain pakar bahasa, ilmuwan komputer, pakar dalam Artificial Intelligence (AI), pakar matematika, pakar komunikasi sosial, pakar logika, ilmuwan kognitif, psikolog kognitif, ahli psikolinguistik, anthropologists, neuroscientists serta ilmu terkait lainnya.

Bidang keilmuan CL mencakup ilmu teori maupun ilmu terapan, di mana CL secara teoritis mengacu pada isu-isu dalam linguistik teoritis dan ilmu kognitif, sedangkan linguistik terapan berfokus pada hasil praktis pemodelan dengan bahasa lisan dan tulisan.

Bidang CL merupakan salah satu bidang penelitian yang strategis terutama jika dikaitkan dengan tren interaksi antara manusia dan komputer yang saat ini terus meningkat kemampuannya, terutama dari tingkat kemudahan dan kealamiannya. Bahasa yang ditekankan dalam penelitan ini hanya berkaitan dengan bahasa Indonesia dan bahasa daerah di Indonesia.

Fokus dari workshop ini adalah untuk mengundang para pakar, peneliti, dan akademisi dari seluruh Indonesia, agar dapat saling bertukar pemikiran ilmiah dan teknologi interdisipliner yang menunjukkan keterbukaan terhadap hasil pemikiran, dan penelitian yang original, serta bermanfaat dalam rangka transfer ilmu dan teknologi.

Workshop INACL 2018 adalah workshop yang keempat kalinya diadakan oleh INACL dan bertempat di Universitas Budi Luhur, Jakarta.

Pada workshop ke-4 INACL 2018 ini, semua makalah yang diikutsertakan akan dipresentasikan dalam sesi poster. Ada 12 Institusi yang mengikuti Loka karya INACL kali ini, seperti  Universitas Indonesia, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Universitas Telkom Bandung, ITB, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Jenderal Achmad Yani, Teknik Informatika Universitas Trisakti, Universitas Tanjungpura, Universitas Widyatama Bandun, dan Universitas Budi Luhur. Sembilan diantaranya adalah Pemakalah yang menyajikan beragam penelitian mutakhir mereka.

Sebagai tuan rumah, UBL, memberikan yang terbaik untuk penyelenggaraan loka karya ini. Dengan mengundang pembicara yang berkompeten dibidangnya, yaitu Ir. Herry Abdul Aziz, M. Eng, Staff Ahli Bidang Teknologi Kominfo, dan Ibu Atikah Solihah, M.Pd Kassubid Pedoman dan Acuan Bidang Pengembangan Pusat Pengembangan dan Perlindungan , Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Dies Natalies ke-40 UBL. Dr.Tjàhjanto, SKom, MM selaku ketua pelaksana menyambut bahagia atas kesempatan yang diberikan kepada Universitas Budi Luhur sebagai tuan rumah INACL Ke-4.

Organisasi yang sudah berdiri sejak tahun 2015 ini sangat peduli kepada perkembangan teknologi khususnya di bidang Komputerisasi Linguistik. Seperti yang dikatakan oleh DR. Ayu, P, ST, MT, bahwa tujuan dibentuknya organisasi ini untuk memperkuat analisis penelitian, mendukung industri di bidang CL yang sudah banyak di Indonesia.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas