Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Blog Tribunners

Cara Alami Untuk Kurangi Kristal Asam Urat

Pernahkah Anda didiagnosis memiliki kadar asam urat yang tinggi? Ketika kristalisasi asam urat berlangsung dan kadar asam urat tinggi, penting untuk s

Penulis: Goldokter
Editor: Samuel Febrianto
zoom-in Cara Alami Untuk Kurangi Kristal Asam Urat
grid.id
Cara alami kurangi kadar asam urat tubuh 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pernahkah Anda didiagnosis memiliki kadar asam urat yang tinggi? Ketika kristalisasi asam urat berlangsung dan kadar asam urat tinggi, penting untuk segera mengatasi penyakit ini, walau penyakit ini tidak mematikan namun efek dari penyakit ini bisa mengurangi kualitas hidup Anda.

Penyebab penyakit asam urat adalah zat yang disebut "purin", purin yang masuk kedalam tubuh secara berlebih bisa masuk ke aliran darah dan menumpuk di organ tubuh seperti sendi, tumpukan purin ini bisa membentuk kristal-kristal yang memicu efek nyeri yang luar biasa. Maka tak heran, penderita asam urat kadang merasakan nyeri bahkan sampai merasakan sensasi terbakar pada persendian.

Untungnya, ada beberapa solusi alami yang membantu menghancurkan kristal urat sebelum menyebabkan komplikasi. Nah berikut beberapa bahan alami yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat.

1. Teh Dendelion

Dandelion memiliki efek diuretik dan anti-inflamasi yang kuat, minum teh ini akan membantu mengeluarkan akumulasi asam urat yang berlebihan, asam urat ini akan dibuang melalui urin. Teh ini juga berguna membersihkan ginjal dan merangsang sirkulasi darah lebih lancar.

2. Daun Peterseli

Peterseli juga memiliki karakteristik diuretik yang meningkatkan produksi urin di ginjal dan membantu pelepasan asam urat yang menumpuk. Antioksidan yang terkandung dalam peterseli menghambat pengasaman berlebihan dan sekaligus melindungi jaringan ginjal.

3. Teh Jelatang

Jelatang adalah tanaman obat yang membantu menguraikan kristal asam urat yang berlebihan yang dibentuk dengan meningkatkan kemampuan ginjal untuk mengeluarkan kristal asam urat. Teh ini juga bisa mencegah peradangan akibat kristal asam urat.

4. Daun Bawang

Daun bawang adalah salah satu bahan alami yang berguna untuk menguraikan batu asam urat bersama urin. Konsumsi daun bawang juga baik sekali bagi yang menderita asam urat karena bisa mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat asam urat yang kambuh.

Selengkapnya

BERITA TERKAIT
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas