Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Semua Elemen Bangsa Harus Memiliki Rasa Nasionalisme yang Tinggi kata Suhardi Alius

Menumbuhkan kesadaran masyarakat akan bahaya radikalisme negatif dan terorisme menjadi salah satu tugas Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)

Semua Elemen Bangsa Harus Memiliki Rasa Nasionalisme yang Tinggi kata Suhardi Alius
dok. Humas BNPT
Suhardi Alius MH dihadapan para anggota DPR terpilih, Ketua, dan anggota DPW Partai Partai NasDem periode 2019-2024 di Kampus Akademi Bela Negara Partai NasDem, (18/07/2019). 

Menumbuhkan kesadaran masyarakat akan bahaya radikalisme negatif dan terorisme menjadi salah satu tugas Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang harus dilakukan secara berkesinambungan dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Agar penanganannya efektif, BNPT terus melakukan koordinasi dengan berbagai elemen untuk mengurai permasalahan terorisme, termasuk partai politik dengan para wakil rakyat.

Pasalnya, Wakil rakyat terpilih harus memiliki wawasan kebangsaan yang kuat serta kesadaran dan kewaspadaan untuk mencegah masuknya paham radikal terorisme sekaligus untuk mencegah timbulnya aksi terorisme ditengah masyarakat.

“Kalau kita punya nilai kebangsaan yang kuat, itu bisa kita jadikan filter, kalau tidak, hal itu yang bisa membuat masyarakat atau bahkan anggota dewan terpapar radikalisme dan terorisme. Oleh sebab itu kita harus mengantisipasi. Kita bangun kesadaran itu, termasuk pada wakil-wakil rakyat yang ada di NasDem,” jelas Kepala BNPT Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius MH dihadapan para anggota DPR terpilih, Ketua, dan anggota DPW Partai Partai NasDem periode 2019-2024 di Kampus Akademi Bela Negara Partai NasDem, (18/07/2019) malam.

Suhardi mengungkapkan beberapa poin yang harus dimiliki sebagai anggota dewan terpilih yang mewakili suara rakyat.

“Calon legislatif yang akan duduk dikursi pemerintahan harus mempunyai sense of crisis, punya naluri kebangsaan yang tinggi, peka terhadap perubahan dan kemampuan analisa dampaknya, sehingga mampu mengidentifikasi akar masalah terorisme dan bisa memberikan treatmennya,” ungkapnya.

Suhardi mengingatkan bahwa Indonesia memiliki beragam suku, budaya, dan etnis yang menjadi sebuah keuntungan sehingga harus dijaga dan dilestarikan. Namun, jika masyarakat Indonesia tidak mampu menjaganya, Indonesia bisa tercerai-berai.

“Semua elemen bangsa harus memiliki rasa nasionalisme yang tinggi agar tidak mudah terpapar oleh paham radikalisme negatif dan terorisme,” kata mantan Kabareskrim Polri ini.

Ia mengimbau seluruh peserta terseleksi anggota DPR RI dari Partai NasDem untuk peduli terhadap lingkungan, mengingat bahwa mereka nanti yang akan berkiprah membuat undang-undang.

“Jangan cuek, kita harus care terhadap lingkungan kita. Karena apa? Kita sangat rentan, karena kita ini negara multi etnis, keberagaman adalah suatu keuntungan buat kita yang harus kita jaga,” ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas