Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Siapa Sosok yang Layak Benahi PLN?

Saat ucapan selamat dari handai taulan dan relasi belum kering, dia harus mendapatkan cobaan maha berat: Black out di Jakarta dan Jawa Barat!

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Siapa Sosok yang Layak Benahi PLN?
Ist/Tribunnews.com
BTP, Suhendra, Buwas dan Iwan Bule. 

Oleh: Rudi S Kamri

TRIBUNNEWS.COM - Entah mimpi apa Sripeni Inten Cahyani, Plt Direktur Utama PT PLN pada malam Minggu lalu.

Sripeni baru saja diangkat menjadi Plt Direktur Utama PT PLN pada hari Jum'at, 2 Agustus 2019.




Saat ucapan selamat dari handai taulan dan relasi belum kering, dia harus mendapatkan cobaan maha berat: Black out di Jakarta dan Jawa Barat!

Plus hari Senin-nya mendapat semprotan lembut tapi tajam dari Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi layak untuk marah dan kecewa, karena untuk perusahaan sebesar PLN "contingesty plan" dan "back-up plan" tidak berfungsi dengan seharusnya.

Apakah ini murni kebobrokan sistem dari PLN atau ada kemungkinan sabotase kelompok tertentu dengan menggunakan kelompok internal PLN? Ini memang harus dibuktikan melalui investigasi yang serius.

BERITA TERKAIT

Tapi kedatangan Presiden Jokowi pada Senin lalu ke kantor pusat PLN dengan didampingi Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letjen TNI Purn Hinsa Siburian kuat mengindikasikan kemungkinan tersebut bisa terjadi.

Dengan kompleksitas masalah yang dihadapi oleh PLN selama ini harus diakui sosok dari perempuan lembut kelahiran Pati, 7 Oktober 1968 ini terlalu lemah.

Terlalu banyak jebakan batman dalam birokrasi tubuh PLN yang tidak akan tunduk pada Sripeni Inten Cahyani.

Yang mengenaskan beberapa tahun lalu saat era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ada indikasi kuat Serikat Pekerja PLN telah disusupi oleh virus Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Belum lagi menjalarnya virus korupsi gigantis yang telah lama menggerogoti tubuh PLN. Pendek kata diperlukan sosok kuat, bersih dan berintegritas tinggi untuk menahkodai kapal besar PLN.

Dalam ingatan saya saat ini ada 4 sosok yang cocok menjadi nahkoda baru PLN, yaitu Basuki Tjahaja Purnama (BTP), Budi Waseso (Buwas), M Iriawan (Iwan Bule) dan Suhendar Hadikuntono.

Keempat sosok ini urat takutnya sudah putus.

Halaman
12
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas