Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Rektor Impor, Perlukah?

Pemerintah menegaskan akan melakukan pengembangan sumberdaya insani (SDI) sebagai prioritas pembangunan dalam lima tahun kedepan.

Rektor Impor, Perlukah?
Ist/Tribunnews.com
Prof. Dr. Yonny Koesmaryono, MS. 

Oleh: Prof. Dr. Yonny Koesmaryono, MS.

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah menegaskan akan melakukan pengembangan sumberdaya insani (SDI) sebagai prioritas pembangunan dalam lima tahun ke depan.

Pendidikan tinggi salah satu pilar utamanya, karena memiliki peran sentral dalam hal pendidikan, riset, dan transfer teknologi ke masyarakat, serta menghasilkan inovasi yang bisa meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat.

Bahkan bisa dikatakan, bahwa kunci kemajuan suatu negara dapat dilihat dari inovasi-inovasi yang diciptakan anak bangsanya.

Dalam konteks ini, biasanya negara-negara dengan karya inovasi yang tinggi, selalu memiliki perguruan tinggi berkualitas dengan hasil-hasil riset yang aplikatif dan futuristik.

Sebagai Negara dengan jumlah penduduk ke-4 didunia, ternyata Indonesia baru memiliki angka partisipasi kasar (APK) masyarakat masuk ke Perguruan Tinggi sebesar 31,1 % dari penduduk rentang usia 19-23 tahun, lebih rendah dibandingkan negara lain di Asia seperti Malaysia yang mencapai 38 %, Thailand, 54 %, Singapura 78 %, dan Korea Selatan 98,2 %.

Padahal Indonesia dengan bonus demografinya, memiliki generasi muda usia produktif yang pastinya haus akan pendidikan tinggi.

Globalisasi memang mendorong generasi muda Indonesia berkeinginan berkiprah di kancah global.

Pendidikan adalah salah satu modal yang terpenting, yang tentunya harus didukung oleh perguruan tinggi berkualitas dan memenuhi standar secara global.

Berdasarkan data Kemenristekdikti tahun 2019, Indonesia memiliki sekitar 4686 perguruan tinggi, dimana 90 % lebih merupakan perguruan tinggi berbasis akademik (universitas, institut, sekolah tinggi), sementara kurang dari 10 persen perguruan tinggi vokasi (politeknik atauakademi).

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas