Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Aceh dalam Perspektif Sebagai Pilar Kekuatan Kebangsaan NKRI

Saat berdialog dan berdiskusi dengan beliau saya melihat dengan jernih keluasan pandangan beliau tentang Indonesia.

Aceh dalam Perspektif Sebagai Pilar Kekuatan Kebangsaan NKRI
Ist/Tribunnews.com
Rudi S Kamri (kiri) bersama Suhendra Hadikuntono (paling kanan) berkunjung ke Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan diterima secara khusus oleh Paduka Yang Mulia Wali Nanggroe Aceh Tgk Malik Mahmud Al-Haythar di Meuligoe Wali Nanggroe (kedua kanan). 

Oleh: Rudi S Kamri

TRIBUNNEWS.COM - Hari Kamis (24/10/2019) saya bersama rombongan yang dipimpin tokoh nasional dan senior intelijen Indonesia, Suhendra Hadikuntono, berkunjung ke Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan diterima secara khusus oleh Paduka Yang Mulia Wali Nanggroe Aceh Tgk Malik Mahmud Al-Haythar di Meuligoe Wali Nanggroe.

Kunjungan kehormatan ini semata-mata untuk silaturahmi dan meminta pencerahan dari seorang tokoh bangsa Indonesia yang sangat dihormati di Aceh dan di dunia Internasional.

Harus diakui nama besar beliau tidak terlalu bergaung di skala nasional. Bagi saya ini suatu kesalahan bangsa ini yang tidak bisa menempatkan seorang tokoh bangsa dalam proporsi yang seharusnya, dan ternyata dugaan saya terbukti benar.

Saat berdialog dan berdiskusi dengan beliau saya melihat dengan jernih keluasan pandangan beliau tentang Indonesia.

Sebagai contoh beliau dengan sangat fasih menggambarkan apa yang harus kita lakukan sebagai sebuah bangsa untuk merajut dan memperkuat kebhinekaan Indonesia.

Di bagian lain wawancara saya dengan beliau, Yang Mulia Wali Nanggroe menjelaskan bagaimana rakyat Aceh sebagai bagian integral dari bangsa Indonesia dalam melakukan pembangunan di Aceh selalu tunduk menggunakan pendekatan harmoni dengan alam.

Membangun tanpa merusak alam. Itu konsep yang dilakukan dan menurut beliau hal ini seharusnya juga dilakukan oleh pemerintah pusat agar kita tetap menjaga keseimbangan alam.

Pada intinya pengembangan sumber daya manusia harus selaras dengan pelestarian lingkungan dan sumber daya alam.

Di bagian lain, saya juga ingin tahu mengapa kelompok radikal yang mengusung konsep ideologi Khilafah tidak pernah terdengar tumbuh dan berkembang di Bumi Serambi Mekah ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas