Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

UBL Libatkan Mahasiswa Melalui Program KKN Pemulihan Sungai Citarum

Sebagai salah satu Universitas yang berperan dalam pemulihan Sungai Citarum, Universitas Budi Luhur (UBL) mempunyai sejumlah program dan rencana aksi

UBL Libatkan Mahasiswa Melalui Program KKN Pemulihan Sungai Citarum
dok UBL
UBL Libatkan Mahasiswa Melalui Program KKN Pemulihan Sungai Citarum 

Sebagai salah satu Universitas yang berperan dalam pemulihan Sungai Citarum, Universitas Budi Luhur (UBL) mempunyai sejumlah program dan rencana aksi dalam usahanya.

Salah satu program kerja Universitas Budi Luhur adalah membuat kegiatan sosialisasi dan edukasi pemberdayaan masyarakat dalam pengendalian pemulihan konservasi DAS Citarum.

Universitas Budi Luhur mempunyai tanggung jawab dalam mengembalikan Sungai Citarum menjadi Sungai yang bebas dari limbah dan sampah.

Melalui program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) sejumlah dosen dilibatkan dalam kegiatan ini. Tidak hanya dosen, Universitas Budi Luhur juga melibatkan mahasiswa melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik untuk ikut berperan serta dalam program pemulihan Sungai Citarum

Pada hari kamis,  tanggal 31 Oktober 2019 Universitas Budi Luhur melaksanakan kegiatan edukasi dan sosialisi yang bertema 3R (redecu, reuse, recycle). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Wilayah RW 01 Desa Jelegong, Kutawaringin, Bandung.

Mengambil judul “Sosialisasi 3r (Reduce, Reuse, Recycle) Berbasis Internet Dilingkungan Masyarakat Jelegong, Kutawaringin, Bandung”  kegiatan ini bertujuan untuk membantu mengedukasi masyarakat untuk ramah terhadap lingkungan dan sampah.

Dalam sosialisasi tersebut, dijelaskan mengenai bagaimana cara memisahkan sampah organik dan sampah an organik. Bagaimana cara menangani kedua sampah tersebut dan tidak lupa menyampaikan bahaya-bahaya yang ditimbulkan oleh sampah yang tidak dikelola dengan baik.

Mengapa berbasis internet, karena edukasi dan sosialisasi ditunjang oleh pembelajaran-pembelajaran secara online yang dapat diakses melalui internet, jelas Wiwin Windihastuy sebagai salah satu nara sumber.

Pada edukasi dan sosialisasi ini yang bertindak sebagai nara sumber adalah  Dosen sebagai bentuk Pengabdian Pada Masyarakat dibantu pelaksanaannya oleh mahasiswa dan mahasiswi Universitas Budi Luhur.

Sampah jangan dibakar atau dibuang ke kali, tetapi perlakukanlah dengan baik, maka akan menjadi manfaaat. Kalau dibuang begitu saja, misalnya ke sungai ataupun tempat lainnya secara sembarangan, maka akan mengakibatkan kerusakan dan dapat menjadi bencana" demikian Ibu Samsinar sebagai nara sumber menyampaikan presentasinya. Bagaimana mengelola sampah mejadi berkah tambahnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas