Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Rendang Dari Padang, Buah Tangan Sang Jenderal

Dari kota Palu jalan darat hampir dua jam kemudian tiba di Desa Bolapopu Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi.

Rendang Dari Padang, Buah Tangan Sang Jenderal
HO/Tribunnews.com
Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo meninjau lokasi banjir bandang dan longsor di Sigi. 

Catatan Egy Massadiah

TRIBUNNEWS.COM - Cobalah untuk tidak berpaling dari kenyataan ihwal bencana yang mendera negeri ini. Di musim hujan, akan marak berita banjir bandang dan longsor. Pada kemarau, akan marak berita kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan.

Belum lagi jika ditambah bencana seperti gempa bumi, tsunami, erupsi gunung berapi, dan sebagainya. Dus, bencana di Indonesia tak ubahnya "tradisi". Ia merupakan peristiwa berulang.

Hari ini kita berada di medio Desember, yang oleh BMKG diprediksi sudah memasuki musim penghujan.

Alih-alih waspada akan datangnya bahaya alam yang menyertai musim penghujan, masyarakat ada kalanya justru hanya fokus memperbaiki atap rumahnya yang bocor. Padahal akar masalahnya bukan pada "atap yang bocor".

Bencana banjir bandang atau longsor, umumnya datang tiba-tiba. Tak heran jika sering merenggut nyawa dan kerugian harta benda. Seperti yang terjadi di Sumatera Barat dan Sulawesi Tengah.

Menyertai kunjungan Kepala BNPB Doni Monardo ke lokasi bencana, sungguh serasa teriris hati ini. Ada campuran geram dan sedih. Nagari yang sehari-hari tenang, mendadak dilanda kepanikan atas banjir bandang yang datang menerjang. Kampung pun terendam.

Warga mengungsi di dataran tinggi. Tidur di bawah tenda. Hidup seadanya. Derita dan sengsara adalah cerita sehari-hari. Tapi mari bersepakat melihat ke depan, segera memperbaiki perilaku.

Seperti Sabtu (14/12) siang, saat tiba di Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi – Sulawesi Tengah. Jarum jam menunjuk pukul 11.00 Wita. Ketahuilah, kami bertolak dari Jakarta pukul 03.00 WIB menuju Palu.

Dari kota Palu jalan darat hampir dua jam kemudian tiba di Desa Bolapopu Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas