Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Membangun Infrastruktur di Era New Normal

Penanganan virus corona memang menjadi prioritas utama, namun demikian bukan berarti pembangunan harus mandeg.

Membangun Infrastruktur di Era New Normal
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Suasana proyek pembangunan LRT (Light Right Transit) di Kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (13/4/2020). Ditengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta, proyek infrastrukutur LRT tetap berjalan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Oleh: HM Lukman Edy, M. Si
Wakil Komisaris Utama PT Hutama Karya

TRIBUNNERS - Pada akhir bulan Februari yang lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024.

Peraturan ini memuat sejumlah proyek strategis yang bakal dikebut dalam 5 tahun ke depan. Sebagaimana dijelaskan pada Pasal 1 ayat 1, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional merupakan dokumen perencanaan pembangunan nasional untuk periode 5 tahun terhitung sejak 2020 sampai dengan 2024.

Memasuki bulan Maret, dunia digemparkan dengan munculnya virus mematikan di berbagai negara di hampir seluruh penjuru dunia; tak terkecuali Indonesia. Pandemi itu bernama CORONA VIRUS DISEASE 2019 atau disebut COVID-19.

Baca: Penerapan New Normal, Pemerintah Diminta Tetap Bantu Warga Terdampak Covid-19

Atas nama kemanusiaan dan penyelamatan jiwa manusia, Presiden Joko Widodo secara resmi menetapkan COVID-19 sebagai bencana nasional.

Penetapan itu dinyatakan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non-Alam Penyebaran CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) Sebagai Bencana Nasional.

Dalam rangka percepatan penanganan bencana tersebut pemerintah telah melakukan rasionalisasi, realokasi dan refocusing APBN serta memerintahkan pemerintah daerah untuk melakukan hal yang sama.

Akibatnya ada beberapa proyek yang dievaluasi dan dicoret dari daftar Proyek Strategis Nasional.

Baca: Pesan MenPAN-RB, ASN Harus Bisa Beradaptasi di Masa New Normal Covid-19

Setelah hampir dua bulan perekonomian nasional mandeg sebagai konsekuensi logis diberlakukannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sebagian wilayah penyangga perekonomian nasional, kini Pemerintah telah mencanangkan kebijakan New Normal dalam penanganan Covid-19.

New normal merupakan kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan menggunakan standar kesehatan yang sebelumnya tidak ada sebelum pandemi covid-19.

Halaman
123
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas