Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Pancasila, Jiwa Insan TNI dari Prajurit Sampai Purnawirawan

Kemajuan teknologi yang sangat pesat dan dinamis saat ini di setiap lini sudah pasti akan dibarengi dengan perubahan perilaku masyarakat Indonesia.

Editor: Hasanudin Aco
Pancasila, Jiwa Insan TNI dari Prajurit Sampai Purnawirawan
KOMPAS.com/Sabrina Asril
Mantan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna. 

Oleh: Marsekal TNI (Purn) Agus Supriatna

TRIBUNNEWS.COM - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada 5 Oktober 2020 adalah momentum terbaik untuk merenungkan kembali apakah Pancasila yang disebutkan dalam Sumpah Prajurit dan Sapta Marga benar-benar telah menjadi sendi utama dalam setiap perikehidupan berbangsa dan bernegara bagi setiap insan TNI

Setiap prajurit TNI sepatutnya melaksanakan secara komprehensif Sumpah Prajurit dan Sapta Marga dalam setiap pola pikir dan pola sikap sehari-hari, termasuk menempatkan Pancasila sebagai panduan utama yang menjiwai rasa nasionalisme setiap prajurit TNI.  

Di samping itu, setiap prajurit TNI harus berperan sentral dalam menjaga dan merawat ideologi negara Pancasila dari ancaman, rongrongan dan gangguan, baik dari luar maupun dalam negeri.

Menjadi garda terdepan dalam menjaga ideologi negara, berarti TNI secara tidak langsung juga melindungi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kemajuan teknologi yang sangat pesat dan dinamis saat ini di setiap lini sudah pasti akan dibarengi dengan perubahan perilaku masyarakat Indonesia.

Hal ini pasti akan berdampak pada perubahan cara pandang masyarakat terhadap Pancasila.

Baca: HUT TNI Ke-75, Mabes TNI Gelar Donor Darah 1.000 Orang dan Bagikan 10 Ribu Paket Sembako

Untuk itu, Pancasila perlu dilakukan revitalisasi untuk menyesuaikan dengan kondisi kekinian.

Revitalisasi Pancasila bukan untuk mengubah nilai-nilai luhur Pancasila, namun untuk membuat perspektif baru agar nilai-nilai luhur Pancasila bisa diterima oleh setiap anak bangsa.

Terkait proses revitalisasi Pancasila tersebut, TNI harus berperan aktif dan terus mengawal agar Pancasila tetap menjadi pedoman hidup (way of life) dan keyakinan bersama (common faith) bagi bangsa Indonesia sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan zaman.

Halaman
123
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas