Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

in memoriam Ricky Yakobi Selamat Jalan Saudaraku

Sabtu (20/11/2020) seorang mantan bintang tim nasional asal Medan, Sumatera Utara, Ricky Yakobi telah berpulang

in memoriam Ricky Yakobi Selamat Jalan Saudaraku
dok. M Nigara
Saya (penulis) bersama dua legenda PSMS Medan dan Tim Nasional, alm. Zulkarnaen Lubis (kiri) dan alm. Ricky Yakobi (tengah). Terkalu banyak kisah indah. 

OLEH: M. Nigara

INNALILLAHI wa inna ilaihi rojiun. SEKALI lagi, saya harus menulis kalimat pendek yang sangat menyedihkan. Sekali lagi saya harus menuliskan selamat jalan saudaraku Ricky Yakobi, Allah maha tahu segalanya.

Sabtu (20/11/2020) seorang mantan bintang tim nasional asal Medan, Sumatera Utara, Ricky Yakobi telah berpulang.

Sebagaimana biasa, Ricky dan para veteran, selalu menghabiskan akhir pekan di lapangan. Mereka bermain sambil bernostalgia. Ya, sepertinya hanya para veteran lapangan hijau yang paling sering berkumpul, bernostalgia, dan menjaga silaturahim.

Hadist  bernomor 859, menuliskan: " Yaitu ia meninggal di atas kehidupan yang biasa ia jalani dan ia dibangkitkan di atas hal itu,” (At-Taisiir bi Syarh Al-Jaami’ As-Shogiir 2/859). Ricky telah membuktikannya. Ia terkapar di atas lapangan dengan berbalut kostum warna oranye.

Dua dari sekian banyak ayat Quran coba saya torehkan: “ Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati.” (Ali ‘Imran: 185). “ Semua yang ada di atas bumi ini akan binasa. Yang kekal hanyalah Wajah Rabbmu yang memiliki kebesaran dan kemuliaan.”  (ar-Rahman: 26—27)

Jelas bahwa kematian adalah kepastian, tetapi tetap saja kita sering bertanya-tanya: "Kenapa dia? Kenapa bukan orang lain?".

Naik Trail

Ricky Yakobi, sebelumnya Ricky Yakob. Saya mengenalnya sejak awal1980. Kala itu, saya baru saja menjadi wartawan olahraga Majalah Olimpic. Ricky menjadi bintang Piala Soeratin. Bersamanya ada Syaiful Ramadhan, Edi Harto, Ashari Rangkuti, Marzuki Nyakmad, dan beberapa calon bintang lainnya. Di bawah asuhan Eddy Simon, mantan bintang PSMS Medan, dan Tim nasional, Ricky dan kawan-kawan bukan hanya sukses merebut piala, tapi Ricky juga merebut perhatian penggemar sepakbola tanah air.

"Buat provil dan back cover nya!," begitu perintah Bang Tabrin Tahar, Pemred saya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas