Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Merajut Nusantara, Pemanfaatan Internet untuk Digitalisasi Ekonomi Kreatif

Digitalisasi sebenarnya adalah proses menuju ke era digital dari yang sebelumnya itu era jualannya offline-offline saja.

Merajut Nusantara, Pemanfaatan Internet untuk Digitalisasi Ekonomi Kreatif
Kominfo
Seminar pemanfaatan internet untuk digitalisasi ekonomi kreatif. 

TRIBUNNEWS.COM - BAKTI Kominfo melaksanakan seminar merajut nusantara bertemakan “Pemanfaatan Internet Untuk Digitalisasi Ekonomi Kreatif” yang diisi Ir. Ahmad Rizki Sadig, M.Si Anggota Komisi I DPR RI, Prof. Dr. Henri Subiakto, DRS, SH, MA Guru Besar FISIP UNAIR dan Heidar Hasni, MM selaku Praktisi Komunikasi.

Dalam seminar live streaming tersebut, Ir. Ahmad Rizki Sadig, M.Si menyampaikan bahwa hari ini kalau mau bersyukur dengan situasi yang ada, kemudian memaksa diri untuk bisa beradaptasi dengan kondisi yang ada, dimana segala aspek kehidupan diri saat ini ditopang oleh kegiatan digitalisasi atau teknologi informasi.

Dulu mungkin menjadikan teknologi informasi sebagai sesuatu yang menjadi tambahan-tambahan kemampuan dalam memperkuat kemampuan dalam bersosialisasi dengan masyarakat ataupun secara umum dalam dunia usaha dan lain sebagainya, tapi hari ini ketergantungan semakin besar, dari mulai urusan sekolah, urusan pendidikan-pendidikan itu sekarang seluruhnya dilaksanakan dengan jarak jauh.

Kemudian dari sisi masalah marketing misalnya usaha-usaha kecil menengah maupun yang usaha-usaha rumahan juga harus ditopang untuk tetap survive, harus bisa menyesuaikan dengan keadaan sekarang memanfaatkan teknologi informasi dan mungkin kreasi-kreasi baru yang memang akhirnya muncul karena situasi yang memaksa untuk bersama-sama mencari jalan keluar.

Di sini peran pemerintah sudah sangat luar biasa dengan mengupayakan melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi tentunya juga bekerja sama dengan Bakti di semua wilayah Indonesia yang masih belum teraliri oleh sinyal internet.

Dalam kesempatan yang sama, Prof. Dr. Henri Subiakto, DRS, SH, MA Guru Besar FISIP UNAIR menyampaikan pemanfaatan internet untuk digitalisasi ekonomi kreatif, memang internet ini sekarang sebuah kebutuhan yang tidak bisa diabaikan, Indonesia pengguna internet sudah berjumlah 196,7 seluruh Indonesia meliputi hampir rata-rata 34 provinsi atau 73% dari total penduduk di Indonesia.

Tapi tentu saja ini angka hasil riset dari APJII mungkin ini masih akhir tahun 2020 tapi kalau 2021 bisa nambah lagi, karena setiap saat pengguna internet naik, itu merupakan kebutuhan dasar sekarang ini, karena memang aktivitas sekarang sebagian besar dilakukan di dunia digital atau internet.

Presiden Joko Widodo pada waktu ulang tahun 75 Republik Indonesia, Agustus lalu mencanangkan pentingnya transformasi digital di Indonesia yaitu untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur.

Bahwa memang pemerintah sedang mencoba untuk menyelesaikan infrastruktur yang sekarang masih belum semua masyarakat bisa menggunakan internet terutama di desa-desa di wilayah yang jauh dari perkotaan itu masih banyak ada sekitar 12400 desa yang belum bisa dijangkau.

Karena itu Presiden menginginkan adanya transformasi, pertumbuhan pengguna internet sendiri bahkan di era pada waktu sedangkan pandemi itu cukup besar, cukup tinggi dan akan semakin tinggi.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Husein Sanusi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas