Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Membaca Peta Gerakan dan Politik PMII

Perubahan yang dimaksud oleh presiden bersifat multidimensi. Dimensi politik juga bagian dari salah satu aspek yang sedang berubah

Membaca Peta Gerakan dan Politik PMII
Istimewa
KH. Imam Jazuli, Lc. MA, Pengasuh Pondok Pesantren Bina Insan Mulia, Cirebon. 

Membaca Peta Gerakan dan Politik PMII

Oleh: KH. Imam Jazuli, Lc., M.A.*

TRIBUNNEWS.COM - Kongres XX Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) telah digelar dengan lancar. Peta gerakan dan politik bagi PMII juga telah dibabar.

Presiden Joko Widodo menyampaikan sebuah isyarat yang memancing tafsir, dengan muatan politis yang kental.

Orang nomor satu itu mengatakan, "Perubahan selalu tidak ramah bagi yang tidak siap berubah dan berhenti belajar. Banyak organisasi, ini banyak, banyak organisasi harus rela digilas perubahan karena tidak sigap beradaptasi dengan perubahan," 

Perubahan yang dimaksud oleh presiden bersifat multidimensi. Dimensi politik juga bagian dari salah satu aspek yang sedang berubah.

Belakangan, istana negara menggaungkan nasionalisme melalui gerakan cinta produk dalam negeri. Hal ini bisa diartikan, PMII dapat mengawal nasionalisme melalui keterlibatan aktif intelektual kampus di ranah produksi.

Salah satu darma perguruan tinggi adalah pengabdian masyarakat. Mahasiswa tidak semata digodok di meja teoritis melainkan juga didorong terjun ke lapangan, mengenal masyarakat lebih dekat, untuk mengabdikan seluruh pengetahuannya demi kebutuhan real di lapangan.

Masyarakat dapat tumbuh lebih produktif melalui kontribusi besar mahasiswa di bawah naungan PMII.

Dimensi lain, yang terkait dengan perubahan, adalah persoalan kebangsaan yang dinamis. Sebut saja, pandemi Covid-19 meluluhlantakkan perekonomian seluruh negara, termasuk Indonesia.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Husein Sanusi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas