Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Belajar Kewirausahaan Digital di Era Pandemi Covid-19

Pengangguran terlihat di mana mana. Banyak industri dan perusahan gulung tikar karena tidak mampu berproduksi dan bertahan akibat pandemi Covid-19.

Belajar Kewirausahaan Digital di Era Pandemi Covid-19
Banjarmasin Post/Rahmadhani
GM Tribunnews.com Dahlan Dahi menjadi pembicara dalam talkshow, Bisnis Online Kenapa Nggak, Sabtu (3/9/2016) pagi yang diselenggarakan Banjarmasin Post di Hotel Golden Tulip Banjarmasin. 

OLEH: RENO MOELIASARI WIDYANINGRUM SPd, Kepala Sekolah SMK Bintang Nusantara Karanganyar, Jawa Tengah

Reno Moeliasari
Reno Moeliasari, Kepala Sekolah SMK Bintang Nusantara, Karanganyar, Jawa Tengah

DAMPAK pendemi Covid-19 sangat dirasakan lapisan masyarakat, tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia.

Pengangguran terlihat di mana mana. Banyak industri dan perusahan gulung tikar karena tidak mampu berproduksi dan bertahan akibat pandemi Covid-19.

Di sisi lain, keberadaan perkembangan teknologi digital yang terus berkembang, sebelum pandemi juga memberikan perubahan yang besar di setiap lini kehidupan.

Semua telah menggunakan teknologi digital. Banyak sekali perusahaan perusahaan yang masih konvensional gulung tikar karena ketidaksiapan mereka masuk era digital.

Pndemi Covid-19 memperparah keadaan perekonomian perusahaan, yang tidak mampu berinovasi sehingga secara langsung atau tidak berdampak pada perekonomian masyarakat.

Dampak lain, para pelajar khususnya swasta yang terancam putus sekolah karena  banyak orang tua dari mereka yang bekerja sebagai karyawan dan buruh.

Baca juga: 5 Bidang Pelatihan Kartu Prakerja yang Paling Diminati: Pemasaran Online hingga Kewirausahaan

Baca juga: Tumbuhkan dan Dukung Kewirausahaan yang Berdampak Positif Bagi Lingkungan, Sosial dan Ekonomi

Baca juga: Pengamat Pendidikan: Pembelajaran Online Harus Padukan Sinkronus dan Asinkronus

Banyak sekali orang tua kehilangan pekerjaan karena industri  tempat mereka bekerja tak mampu berproduksi, atau perusahaan mengurangi bahkan memperhentikan karyawan.

Akan tetapi, di masa pandemi ini pembelajaran dilaksanakan secara daring, maka hal ini bisa dijadikan  kesempatan pelajar untuk ikut membantu orang tua mendapatkan penghasilan.

Pembelajaran kewiraushaaan merupakan salah satu upaya untuk ketercapaian tujuan pendidikan nasional, yaitu Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Setya Krisna Sumarga
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas