Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Covid-19 dari Luar Negeri

Di berbagai negara mungkin saja ada perkembangan tentang COVID-19 yang kemudian berdampak pada kebijakan warga negara asing masuk ke suatu negara.

Covid-19 dari Luar Negeri
HO/TRIBUNNEWS
Prof Tjandra Yoga Aditama 

Prof Tjandra Yoga Aditama

Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI/ Guru Besar FKUI

Mantan Direktur WHO SEARO dan Mantan Dirjen P2P & Ka Balitbangkes

TRIBUNNEWS.COM - Di berbagai negara mungkin saja ada perkembangan tentang COVID-19 yang kemudian berdampak pada kebijakan warga negara asing masuk ke suatu negara.

Pada Desember 2020 misalnya ada berita tentang varian baru B.1.1.7 yang bermula dilaporkan di Inggris, dimana kemudian banyak negara -termasuk Indonesia- membatasi kunjungan dari negara terjangkit ke negaranya.

Sehubungan dengan kenaikan kasus di India maka pada hari-hari ini ada berbagai berita tentang warga negara India yang sudah masuk ke Indonesia.

Tentu hal ini sesuai dengan aturan yang berlaku sekarang ini karena memang tidak ada pelarangan masuk ke Indonesia.

Pemerintah nantinya tentu akan mengkaji bagaimana kebijakan memperbolehkan masuk penerbangan dari negara tertentu atau tidak, tapi pada kenyataannya memang sudah ada warga asing yang masuk dari negara-negara yang kasusnya sedang meningkat dan atau negara-negara yang melaporkan adanya varian dan mutasi baru.

Dalam hal ini, ada tiga hal yang dapat dan seharusnya dilakukan pada mereka yang sudah masuk ke Indonesia.

Pertama, semua warga negara asing yang masuk Indonesia, termasuk dari India, tentu harus menjalani karantina dahulu sebelum dapat beraktifitas.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas