Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Sedekah dan Pemberdayaan Ekonomi Rukmini (Bagian 2 - Habis)

Pemberdayaan yang berkelanjutan sehingga mendorong mereka dapat naik tingkat menjadi mandiri serta berkembang.

Sedekah dan Pemberdayaan Ekonomi Rukmini (Bagian 2 - Habis)
moneysmart.id
ilustrasi sedekah 

SEKEMBALINYA mbok Ruk selesai melayani pembeli lain, ia pun berkata kembali disertai dengan celotehan khasnya.

Ibu: ....mas dan mba nya beli dong jangan dipilih saja, he ...he.. senyuman tulus yang menampakkan gigi berwarna merah akibat mengunyah sirih.....

Terasa sekali keakraban di antara kami walaupun pertemuan kami belum terlalu lama.

Tanpa sungkan ia melanjutkan obrolan kami kembali.

"Usaha mbok 1 tahun yang lalu tidak seperti ini, mbok hampir bangkrut, sayuran mbok banyak yang terbuang karena kondisi sayuran yang sudah rusak akibat tidak laku terjual."

Dalam kegelisahan yang sedang mbok alami di lapaknya, tiba-tiba mbok dihampiri oleh seorang anak muda yang mengenakan rompi bertuliskan nama lembaga dari salah satu lembaga amil zakat nasional yakni BAZNAS.

Sambil menggosok-gosokkan sirih ke mulutnya, ia bercerita kembali.

Ibu: Mas dan mba- e, kedatangan anak muda yang mengenakkan rompi bertuliskan BAZNAS sepertinya jalan pertolongan Allah yang ditunjukkan kepada mbok untuk tidak hanya sekadar membantu usaha mbok melainkan pertolongan dalam memperbaiki keimanan dan aqidah mbok kepada Allah SWT.

Pada saat itu mbok diberikan bantuan modal usaha agar mbok dapat berjualan kembali. Bantuan yang mbok terima berupa pinjaman tanpa embel-embel.

Sambil mengernyitkan kening mengingat-mengingat istilah yang tepat untuk istilah pinjaman dimaksud, serta merta ia berkata kembali, Oh ...iya, aku sudah ingat mas namanya qordhul hasan artinya pinjaman kebajikan, pinjaman yang hanya dikembalikan pokok pinjaman saja.

Baca juga: Sedekah dan Pemberdayaan Ekonomi Rukmini

Waktu pengembalian pinjaman disesuaikan dengan perkembangan usaha bilamana usaha sudah meningkat dan memperoleh keuntungan barulah mbok mengangsur.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Dewi Agustina
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
berita POPULER

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas