Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Maksimalisasi GCZ 'Goes to Campus' untuk Pembangunan Sosial

Program GCZ yang digulirkan oleh BAZNAS, telah banyak memberikan pengaruh positif pada ekosistim pengembangan philantrophy Islam di Indonesia.

Maksimalisasi GCZ 'Goes to Campus' untuk Pembangunan Sosial
TRIBUNNEWS.COM/HO
Foto ilustrasi: Sejak program GCZ (Gerakan Cinta Zakat) digulirkan oleh BAZNAS, telah banyak memberikan pengaruh positif pada ekosistim pengembangan philantrophy Islam di Indonesia. 

Oleh: Deni Nuryadin

TRIBUNNERS - Sejak program GCZ (Gerakan Cinta Zakat) digulirkan oleh BAZNAS, telah banyak memberikan pengaruh positif pada ekosistim pengembangan philantrophy Islam di Indonesia.

Program GCZ masih akan terus bergulir dan dalam waktu dekat GCZ akan masuk kampus "Goes To Campus" selain sebagai upaya literasi memberikan pengetahuan tentang hal ihwal zakat, infaq dan sedekah kepada masyarakat akademis dari para narasumber yang kompeten dan telah berpengalaman di pengelolaan lembaga amil.

Penulis meyakini bahwa moment ini dapat memberikan mnafaat luas manakala kerjasama dari pihak akademis, praktisi lembaga amil dan lembaga usaha dapat terealisasi

Kesempatan ini dapat pula dijadikan bentuk sinergitas 'three parthied (antara tiga pihak) yang lebih luas antara lembaga amil, lembaga akademisi dan lembaga dunia usaha yang menggunakan konsep pemberdayaan sosial (capacity buiding) khususnya dalam kerangka kerja philantrophy Islam.

Baca juga: BAZNAS Jabar Beri Bantuan Beasiswa ke Santri Berprestasi Bina Insan Mulia

Pengembangan sinergitas antara lembaga amil dan lembaga akademisi dapat meliputi beberapa bidang diantaranya adalah:

Di bidang pendidikan, beberapa perguruan tinggi kini telah memiliki program studi pilihan seperti konsentrasi zakat dan wakaf, maka kesempatan ini bagi anak muda yang ingin berprofesi amil muda professional bisa menggali ilmu kampus dan ilmu dilapangan yang sarat dengan praktek nyata.

Di sisi lain lembaga amil dapat mengambil manfaat dari kerjasama ini berupa mendapatkan beberapa calon sumber daya insani amil muda yang memiliki integritas, semangat serta professional,

Dalam rangka menunjang kedua manfaat tadi dapat terealisasi maka lembaga amil dapat mengambil peran dengan memberikan subsidi silang biaya perkuliahan berupa beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu namun memiliki minat yang tinggi dalam menekuni studinya pada program studi zakat dan wakaf.

Program ini bisa dimodifikasi dengan ikatan dinas dimana bagi penerima beasiswa yang telah dinyatakan lulus dapat mengabdi berkarya pada lembaga amil pemberi beasiswa.

Halaman
123
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas