Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Informed Consent bagi Kegiatan Anak di Sekolah

Kegiatan kegiatan ekstrem dan diadakan di dalam maupun di luar area sekolah, hendaknya diberitahukan kepada orang tua/wali siswa.

Editor: Setya Krisna Sumarga
Informed Consent bagi Kegiatan Anak di Sekolah
andri m dani/tribun jabar
Proses evakuasi korban susur sungai di Sungai Cileuer, Ciamis, Jumat (15/10/2021). Sebanyak 11 orang meninggal dalam kegiatan susur sungai ini. 

OLEH : AWESTI TUNGGO ARI, Ibu Rumah Tangga/Alumni FH/Notariat  UGM

Penulis Awesti Tunggo Ari, Ibu Rumah Tangga/Alumni FH UGM
Penulis Awesti Tunggo Ari, Ibu Rumah Tangga/Alumni FH UGM (Dokumentasi Pribadi Awesti TA)

ADA keluarga korban yang tidak mengetahui pihak sekolah menggelar kegiatan  susur sungai. Mereka terkejut mengetahui anaknya menjadi korban jiwa setelah tenggelam di sungai dalam kegiatan sekolah.

Berita di Kompas 17 Oktober 2021 yang dimuat dalam halaman 4 tersebut cukup menyentakkan saya. Betapa tidak.

Kejadian serupa pernah terjadi pada murid murid SMPN 1 Turi, Sleman pada tanggal 21 Februari 2020 dan menewaskan 10 siswi.

Hanya setahun berselang, musibah serupa terjadi di Jawa Barat, menewaskan 11 siswa MTS Harapan Baru, Ciamis.

Entah apa yang menjadi sebab nyatanya sehingga musibah tersebut terjadi. Kegiatan yang dimaksudkan menambah wawasan dan pengalaman siswa telah berubah menjadi petaka bagi sementara siswa siswi kedua sekolah tersebut.

Semestinya sebelum melaksanakan kegiatan yang cukup ekstrem, berhubungan dengan alam, yang mengandung risiko cukup tinggi, berbagai pertimbangan matang dipikirkan oleh penyelenggara, dalam hal ini pihak sekolah.

Pertimbangan antara risiko dan kemanfaatan hendaknya dipikirkan secara seksama dengan mengutamakan keselamatan siswa peserta dan pendamping.

Studi lapangan tentang kondisi alam setempat, derasnya air, cuaca pada hari H dan risiko yang mungkin atau potensial timbul, hendaknya menjadi pertimbangan sebelum mengadakan kegiatan serupa.

Saya tidak paham, apakah hal hal tersebut sudah dilakukan secara cukup dan pantas oleh pihak sekolah, dalam hal ini panitia penyelenggara dan pendamping.

Halaman
12
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas