Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners
Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.


Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Tribunners / Citizen Journalism

Informed Consent bagi Kegiatan Anak di Sekolah

Kegiatan kegiatan ekstrem dan diadakan di dalam maupun di luar area sekolah, hendaknya diberitahukan kepada orang tua/wali siswa.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Informed Consent bagi Kegiatan Anak di Sekolah
andri m dani/tribun jabar
Proses evakuasi korban susur sungai di Sungai Cileuer, Ciamis, Jumat (15/10/2021). Sebanyak 11 orang meninggal dalam kegiatan susur sungai ini. 

OLEH : AWESTI TUNGGO ARI, Ibu Rumah Tangga/Alumni FH/Notariat  UGM

Penulis Awesti Tunggo Ari, Ibu Rumah Tangga/Alumni FH UGM
Penulis Awesti Tunggo Ari, Ibu Rumah Tangga/Alumni FH UGM (Dokumentasi Pribadi Awesti TA)

ADA keluarga korban yang tidak mengetahui pihak sekolah menggelar kegiatan  susur sungai. Mereka terkejut mengetahui anaknya menjadi korban jiwa setelah tenggelam di sungai dalam kegiatan sekolah.

Berita di Kompas 17 Oktober 2021 yang dimuat dalam halaman 4 tersebut cukup menyentakkan saya. Betapa tidak.

Kejadian serupa pernah terjadi pada murid murid SMPN 1 Turi, Sleman pada tanggal 21 Februari 2020 dan menewaskan 10 siswi.

Hanya setahun berselang, musibah serupa terjadi di Jawa Barat, menewaskan 11 siswa MTS Harapan Baru, Ciamis.

Entah apa yang menjadi sebab nyatanya sehingga musibah tersebut terjadi. Kegiatan yang dimaksudkan menambah wawasan dan pengalaman siswa telah berubah menjadi petaka bagi sementara siswa siswi kedua sekolah tersebut.

Semestinya sebelum melaksanakan kegiatan yang cukup ekstrem, berhubungan dengan alam, yang mengandung risiko cukup tinggi, berbagai pertimbangan matang dipikirkan oleh penyelenggara, dalam hal ini pihak sekolah.

BERITA REKOMENDASI

Pertimbangan antara risiko dan kemanfaatan hendaknya dipikirkan secara seksama dengan mengutamakan keselamatan siswa peserta dan pendamping.

Studi lapangan tentang kondisi alam setempat, derasnya air, cuaca pada hari H dan risiko yang mungkin atau potensial timbul, hendaknya menjadi pertimbangan sebelum mengadakan kegiatan serupa.

Saya tidak paham, apakah hal hal tersebut sudah dilakukan secara cukup dan pantas oleh pihak sekolah, dalam hal ini panitia penyelenggara dan pendamping.

Kegiatan kegiatan ekstrem dan diadakan di dalam maupun di luar area sekolah, hendaknya diberitahukan kepada orang tua/wali siswa, beberapa hari atau beberapa minggu sebelum tanggal pelaksanaan.

Orang tua berhak mengetahui kegiatan sekolah, terlebih lagi kegiatan ekstrem serupa. Orang tua hendaknya dikirimi “Informed Consent”.

Ini pemberitahuan tentang kegiatan yang akan diadakan, diminta persetujuannya dengan hak untuk menolak memberikan persetujuan, dilengkapi dengan pertanyaan tentang kondisi medical khusus yang barangkali dimiliki oleh putra /putrinya.

Informed consent dimohon untuk ditanda tangani seandainya orang tua mengizinkan, dan diserahkan kembali ke sekolah, untuk dibaca satu per satu dan dipahami.

Halaman
12
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas