Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Berkat Sosialisasi dari Mahasiswa KKN Unisri, Sugiyanti Kini Hati-hati Sebar Informasi di Medsos

Mahasiswa KKN Unisri menggelar sosialisasi untuk menangkal hoaks bagi warga Kelurahan Jatipurno, Wonogiri, Jawa Tengah. Ini kata warga.

Editor: Sri Juliati
zoom-in Berkat Sosialisasi dari Mahasiswa KKN Unisri, Sugiyanti Kini Hati-hati Sebar Informasi di Medsos
freepik.com
Ilustrasi gawai -Mahasiswa KKN Unisri menggelar sosialisasi untuk menangkal hoaks bagi warga Kelurahan Jatipurno, Wonogiri, Jawa Tengah. Ini kata warga. 

TRIBUNNEWS.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar sosialisasi untuk menangkal hoaks bagi warga Kelurahan Jatipurno, Wonogiri, Jawa Tengah, Senin (5/8/2024).

Kegiatan berjudul Optimalisasi Kesadaran Literasi Digital Dalam Upaya Pencegahan Informasi Hoaks dan Peningkatan Layanan Administrasi di Desa Jatipurno ini diikuti puluhan warga Jatipurno dari berbagai elemen.

Dalam sosialisasinya, mahasiswa KKN Unisri, Hesti Prihartini menekankan pentingnya kemampuan masyarakat dalam menyaring informasi yang beredar di dunia digital.

"Di era digital seperti sekarang, kita dihadapkan pada banjir informasi. Tidak semua informasi yang kita terima adalah benar. Oleh karena itu, kita perlu memiliki kemampuan untuk membedakan mana informasi yang benar dan mana yang hoaks," ujar Hesti.

Hesti memberikan tips-tips praktis untuk meningkatkan literasi digital, seperti cara mengecek kebenaran suatu informasi, cara melindungi data pribadi, dan cara memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas.

Dalam sosialisasi tersebut, Hesti juga memberikan pengarahan kepada pengurus PKK di Kelurahan Jatipurno mengenai pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan layanan administrasi.

Ia berharap dengan adanya pelatihan ini, pelayanan administrasi di Kelurahan Jatipurno dapat menjadi lebih efektif dan efisien.

Mahasiswa KKN Unisri
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar sosialisasi untuk menangkal hoaks bagi warga Kelurahan Jatipurno, Wonogiri, Jawa Tengah, Senin (5/8/2024).
BERITA TERKAIT

Seorang warga, Sugiyanti mengaku, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat Desa Jatipurno. Ia mengatakan, akan lebih berhati-hati dalam menyebarkan informasi di media sosial.

"Saya juga jadi tahu cara melindungi data pribadi saya, apalagi melihat saya merupakan pengurus di PKK ini. Sosialisasi yang diberikan mampu meningkatkan ide-ide kami terkait peningkatan layanan administrasi di organisasi," kata Sugiyanti.

Hal senada juga disampaikan Ketua PKK Desa Jatipurno, Tatik. Menurut Tatik, kegiatan tersebut sangat membantu pihaknya dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa KKN UNISRI dalam memberdayakan masyarakat.

Diharapkan sosialisasi ini dapat meningkatkan literasi digital masyarakat Jatipurno dan berkontribusi pada pembangunan kelurahan yang lebih baik. (*)

Sumber: TribunSolo.com
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas