Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Berdagang Pengaruh Politik: Membaca Relasi Keluarga Joko Widodo dengan Owner Private Jet yang Viral

Acara live semalam membahas keterkaitan bisnis antara Gang Ye (GY) selaku pemilik private jet Gulfstream yang viral dengan keluarga Joko Widodo.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Berdagang Pengaruh Politik: Membaca Relasi Keluarga Joko Widodo dengan Owner Private Jet yang Viral
Kolase Tribunnews
Private jet Gulfstream G650ER N588SE yang membawa Erina Gudono dan Kaesang Pangarep saat mendarat di Bandara Adi Sumarmo, Solo. Video rekaman ini viral karena memperlihatkan mobil Toyota Alphard masuk ke apron bandara untuk menjemput mereka beserta oleh-olehnya. 


Berdagang Pengaruh Politik: Membaca Relasi Keluarga Joko Widodo dengan Pemilik Private Jet yang Viral

Oleh : Dr. KRMT Roy Suryo

SEJAK semalam atau Rabu malam, 11 September 2024, notifikasi di gadget saya tidak habis-habisnya berdering mengabarkan ada pesan masuk pasca siaran live "Rakyat Bersuara" di salah satu stasiun televisi nasional yang dipandu oleh anchor senior Aiman Witjaksono.




Acara yang berlangsung mulai 19.00 WIB tersebut mengundang saya bersama pakar hukum Tatanegara Reffly Harun, pengamat politik Prof Ikrar Nusa Bakti, pakar hukum Prof Andi Asrul, Wakil Ketua Umum Jokowi-Mania Sansalvator dan Ketua Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman melalui sambungan Zoom dari Sukabumi.

Bagi masyarakat yang mungkin semalam tidak sempat menyaksikan secara langsung, bisa melihat sebagian tayangannya melalui YouTube di alamat youtu.be/O-WPo3dKNqE?si=PxrnG_1lV1DMCPJf.

Acara live semalam membahas keterkaitan bisnis antara Gang Ye (GY) selaku pemilik private jet Gulfstream G650ER N-588SE yang viral karena dipakai Kaesang Pangarep (KP) bersama istrinya Erina Gudono ke Amerika Serikat, dengan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka (GRR) yang menjabat Walikota Solo, serta ayahnya, Joko Widodo selaku Presiden.

Saya jelaskan secara detail dan kronologis sesuai fakta dan peristiwa masing-masing kejadiannya agar jelas dan tidak dimanipulasi dengan rekayasa data yang kerap terjadi.

BERITA TERKAIT

Keterlibatan perusahaan milik GY dengan bisnis yang dikelola KP & GRR ini dimulai dari tahun 2018 di mana KP bikin gaming di SangPisang Arena yang disponsori perusahaan milik GY.

Setahun kemudian, di 2019, GRR yang saat itu menjabat sebagai walikota Solo juga bikin kompetisi game Piala Mas Gibran yang diselenggarakan tanggal 28-29 Desember 2019 berhadiah mobil dengan kembali disponsor perusahaan yang sama.

Uniknya, karakter JW bahkan dibuat menjadi akun di kompetisi game ini. jadi, orang bisa "menembakin" JW saat kampanye 2019.

Selanjutnya, perusahaan yang sama jadi sponsor klub sepakbola Persis 2024-2024 selain juga disponsori oleh perusahaan lokal Indonesia.

Baca juga: Roy Suryo dan Sindirannya ke Budi Arie Setiadi Soal Akun Fufufafa di Kaskus yang Viral

Kita tahu, KP adalah pemilik 40 persen saham Persis.

Hubungan bisnis mereka tidak berhenti di situ, karena GY melebarkan kantornya di Jakarta untuk membuat kantor di Solo pada 11 Oktober 2021.

Diantara spanduk peresmiannya ada nama Panji Pragiwaksono, Gading Martin dan sebagainya. Presiden Joko Widodo meresmikan SEA Labs Indonesia di Pacific Century SCBD hari Selasa 01 Maret 2022.

Halaman
123
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas