Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

NEWSVIDEO: Bandar Lampung Adakan Pameran Batu Akik Terbesar Di Indonesia

Harga yang ditawarkan relatif tergantung jenis ukuran dan kualitas

Editor: Bian Harnansa

TRIBUNNEWS.COM, BANDAR LAMPUNG - Pameran Batu Akik (Revolusi Batuan Indonesia) terbesar di Indonesia yang diselenggarakan di Mal Boemi Kedaton, Propinsi Lampung, resmi dibuka oleh wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri pada, Senin (09/02/15) pukul 19.40 WIB malam. Bachtiar didampingi oleh Bupati Way Kanan Bustami Zainudin, dan Ketua Umum Perhimpunan Pencinta dan Pengusaha Permata Indonesia (P4I) Ansyori Djausal.

Acara yang digelar hingga, Senin (16/15) ini, secara khusus memperkenalkan batu akik asli dari Kabupaten Way Kanan, Lampung yaitu batu Anggur Api (Fire Calchedony). Jenis batu Anggur ini hanya terdapat di Kabupaten Way Kanan saja.

Dalam sambutannya Bustami mengaku bangga dengan diikutsertakannya batu anggur api asal Way Kanan pada pameran tersebut. “Saat ini batu akik menjadi salah satu mata pencarian masyarakat Way Kanan, ketersediaan batu Anggur Api disana sangat melimpah. Berat bongkahan batunya banyak yang sampai ber ton ton,”ujarnya, Selasa (10/02/15).

Ada sekitar 70an stand pengusaha batu akik dari seluruh Indonesia mengikuti gelaran ini diantaranya, Aceh, Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, lampung, dan Jakarta. Didalam Pameran ini, pengunjung dapat leluasa melihat, ataupun membeli jenis-jenis batu akik baik yang masih berupa bongkahan (rough) ataupun yang sudah menjadi batu asah.

Batu akik yang akan dipamerkan adalah batuan asli dari seluruh daerah di Indonesia. Harga yang ditawarkan relatif tergantung jenis, ukuran dan kualitas. Mulai dari harga puluhan ribu rupiah sampai ratusan juta rupiah.

Reporter Tribun Lampung, YOGA NOLDY PERDANA

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Lampung
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas