Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

VIDEO: Hingga Hari ke 2 Lebaran Masyarakat Ziarah kubur

Sudah menjadi tradisi bagi umat Islam di Indonesia pada saat Hari Raya Idul Fitri

Editor: Bian Harnansa

Laporan Wartawan Tribunnews.Com, Agus Nuryadhyn

TRIBUNNEWS.COM, PANGKALPINANG-- Sudah menjadi tradisi bagi umat Islam di Indonesia pada saat Hari Raya Idul Fitri melakukan ziarah ke Taman Pemakaman Umum (TPU). Masyarakat melaksanakan ziarah kubur hingga hari raya ke 2, masih berdatangan.

Pada hari raya idul fitri usai sholat Ied, Jumat (17/7) masyarakat silih berganti datang untuk ziarah kubur. Ramainya masyarakat ke kubur terlihat di Taman Pemakaman Umum Bukit Lama Kelurahan Bukit Sari dan TPU jalan Muntok Kecamatan Rangkui Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Termasuk pula pada hari kedua lebaran, masyarakat masih melakukan ziarah.

Tradisi ziarah kubur tidak hanya dilakukan pada hari raya saja, namun terkadang setiap satu minggu sekali dilakukan pada hari hari Jumat,

Ziarah kubur itu dengan niat mendoakan para ahli kubur agar mereka diampuni Allah dan diberikan tempat yang layak sesuai dengan amalan_amalan mereka. Bahkan dapat dipetik dari ziarah kubur bahwa kita pun akan seperti mereka, dan mengingat akan kematian.

Dalam dua hari pantauan Wartawan Tribunnews.Com, di kedua tempat TPU yaitu di Kelurahan Bukit Sari dan Jalan Muntok Provinsi Kepulauan Babel dipadati peziarah dengan menyampaikan doa dan membaca surah ya

BERITA TERKAIT
Sumber: Bangka Pos
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas