Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

NEWSVIDEO: Lomba Burung Berkicau di Taman Karya Kasih Medan

Sedikitnya 33 burung dalam sangkar yang digantung di babak pertama di bawah tenda selama 15 menit untuk dinilai oleh sembilan orang juri.

Editor: Sapto Nugroho

Laporan Reporter Tribunnews Video, Nikson Sihombing

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Decitan suara burung terdengar di Taman Karya Kasih, Johor, Medan, Sumatera Utara dalam acara pameran dan lomba burung berkicau untuk memperebutkan Piala Sumatera Cup, Minggu (2/8/2015).

Sedikitnya 33 burung dalam sangkar yang digantung di babak pertama di bawah tenda selama 15 menit untuk dinilai oleh sembilan orang juri.

Ketua Dewan Juri Lomba, Aidil Wallad (62) mengatakan, lomba kali ini memiliki sistem penjurian yang berbeda. Perbedaannya ialah sistem nominasi wajib masuk juara.

Setiap ajuan juara tidak akan dibuang begitu saja, dengan syarat ajuan tersebut harus ada pada korlap dan pengawas.

"Di sistem lomba sebelumnya ada ajuan juri calon pemenang terbuang begitu saja. Penyebab terbuang karena jumlah pemenang jadi tidak cukup dan melebihi jumlah pemenang satu, dua, dan tiga. Jadi setiap juri tidak bisa sembarangan bisa mengajukan pemenang," ujarnya.

Ia menjelaskan, yang dinilai dalam lomba burung ialah kriteria suara burung pada setiap jenisnya. Berpedoman pada awal, tengah dan akhir. Juga dinilai ialah gaya penampilan, durasi kerja. Gaya penampilan, kestabilan, durasi kerja akan menjadi sempurna bagi setiap burung yang mengemas kesatuan lagu yang menawan.

BERITA TERKAIT

"Jadi selama digantung 15 menit burung akan dinilai di lima menit pertama, lima menit di bagian tengah, dan lima menit akhir. Yang dinilai suara burung tidak boleh lemah pada tiga bagian itu. Penilaian lainnya ialah gaya atau penampilan. Meskipun bukan yang utama tapi akan berpengaruh pada penilaian," katanya mengakhiri.(*)

Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas