Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

VIDEO Perang Besar Pecah di Balai Kota Yogyakarta

Peristiwa yang kemudian dikenal dengan peristiwa Jogja Kembali

Editor: Bian Harnansa

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Hendra Krisdianto

TRIBUNNEWS.COM,YOGYA - Ada pemandangan berbeda di halaman Balai Kota Yogyakarta, Senen (17/8). Para pejuang kemerdekaan berperang melawan pasukan Belanda agar tidak lagi berkuasa di tanah air. Berkat kegigihan para pejuang kemerdekaan, Belanda pun akhirnya menyerah. Ibu Kota Yogyakarta kembali bisa diraih.

Peristiwa yang kemudian dikenal dengan peristiwa Jogja Kembali ini‎, merupakan rangkaian dari drama teatrikal yang disuguhkan oleh Kodim 0734/Yogyakarta dalam upacara perayaan kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia.

Kepala Staf Kodim Yogyakarta yang juga menjadi sutradara drama teatrikal tersebut, Mayor Infantri Suwarno mengatakan ada sekitar 100 orang yang dilibatkan dalam drama teatrikal tersebut. Elemen tersebut terdiri dari mulai TNI, Polri, hingga masyarakat.‎ Drama teatrikal yang baru pertama kali ditampilkan ini menggambarkan pembangunan Kota Yogyakarta setelah peristiwa Jogja Kembali.

"Lewat drama teatrikal ini, kami ingin menggugah kembali rasa nasionalisme seluruh elemen masyarakat. Caranya dengan mengingatkan kembali perjuangan para pahlawan merebut NKRI," kata Suwarno, Senin (17/8).

Drama teatrikal yang berlangsung selama 15 menit ini cukup menyita banyak perhatian. Tak hanya peserta upacara saja yang antusias menonton, namun masyarakat sekitar juga semangat menyaksikan dari luar pagar Balai Kota Yogyakarta.

Setiap penggal cerita dalam drama tersebut, tak hanya menceritakan soal perjuangan saat kemerdekaan, tetapi juga perkembangan Kota Yogyakarta hingga saat ini. Yakni pertumbuhan Kota Yogyakarta hingga akhirnya menjadi kota pelajar, kota budaya, dan kota pariwisata.

BERITA REKOMENDASI
Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas