Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Serunya Berebut Gunungan Grebeg Besar Keraton Yogya

Lima gunungan yang diantarkan ke Masjid Gedhe Kauman terdiri dari gunungan Kakung, Putri, Pepak, Darat, dan Pawuhan, dan kemudian diperebutkan warga.

Editor: Sapto Nugroho

Laporan Reporter Tribunnews Video, Hendra Krisdianto

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Di Hari Raya Idul Adha 2015, Kamis (24/9/2015), pihak Keraton Yogyakarta kembali mengadakan acara Grebeg Besar.

Sejak pagi ratusan masyarakat sudah antusias menunggu, baik di dalam Pagelaran Keraton Yogyakarta maupun di Alun-alun Utara Kota Yogyakarta.


Warga berebut gunungan Grebeg Besar Keraton Yogyakarta di depan halaman Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, Kamis (24/9/2015) pagi. (Tribun Jogja/Khaerur Reza)

Arak-arakan Grebeg Besar sendiri mulai keluar dari Keraton Yogyakarta sekitar pukul 10.00 WIB dengan diawali oleh Bergodo Lombok Abang.

Grebeg Besar kali ini Keraton Yogyakarta membuat 7 buah gunungan (pareden), 5 pareden dikirim ke Masjid Gedhe Kauman, satu pareden dikirim ke Puro Pakualaman, dan satu pareden lagi dikirim ke Kepatihan Pemda DIY.

Lima gunungan yang diantarkan ke Masjid Gedhe Kauman terdiri dari gunungan Kakung, Putri, Pepak, Darat, dan Pawuhan, dan kemudian diperebutkan warga.(*)

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas