Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anda Penggemar Buah Durian? Jika ke Lampung Jangan Lupa Singgah di Sini

“Kita di sini menjual banyak jenis durian, seperti durian Lampung, durian Bengkulu, Palembang, Lubuk Linggau, Padang, dan Medan," ungkap Masti’ah.

Editor: Sapto Nugroho

Laporan Reporter Tribunnews Video, Yoga Noldy Perdana

TRIBUNNEWS.COM, BANDAR LAMPUNG - Durian atau buah yang memiliki nama Latin durio zibethinus ini merupakan salah satu buah yang paling populer dan disukai oleh masyarakat karena memiliki tekstur daging yang lembut, manis, dan legit.

Lampung sendiri merupakan salah satu provinsi yang tersohor sebagai penghasil durian yang berkualitas.

Berdasarkan pantauan Tribun di lapangan, terdapat beberapa titik di Kota Bandar Lampung yang memang terkenal sebagai area penjualan buah berduri ini, tiga di antaranya yakni terdapat di Jalan Raden Imba Kesuma Ratu, Sukadanaham, Tanjung Karang Barat, di Jalan Pangeran Emir M Noer, Durian Payung, Tanjung Karang Pusat, dan di Jalan Sultan Agung, Way Halim dengan di masing-masing titik terdapat kurang lebih 10 sampai 30-an pedagang.

Memang di tiga tempat tersebut sepanjang tahun selalu saja ada yang menjajakan buah durian dengan cara dijual baik melalui pondok-pondok kecil dengan menyediakan tempat duduk ataupun dijajakan langsung melalui emperan beralaskan terpal.

Ada yang khas ketika kita melewati kawasan penjualan durian tersebut, yaitu aroma wangi semerbak selalu tercium seolah memanggil pengendara yang lewat untuk menepi dan menikmati legitnya buah tropis tersebut.


Foto-foto: Pengunjung membeli buah durian di gerai Lautan Durian di sentra durian yang berada di Jalan Pangeran Emir M Noer, Durian Payung, Tanjung Karang Pusat, Jumat (1/1/2016). (Tribun Lampung/Yoga Noldy Perdana)

Salah satu gerai durian yang disambangi Tribun adalah Lautan Durian yang berada di Jalan Pangeran Emir M Noer, Durian Payung, Tanjung Karang Pusat.

BERITA TERKAIT

Di gerai durian seluas kira-kira 6X10 meter ini, terlihat tumpukan durian berjumlah ratusan buah dengan menyebarkan aroma wanginya yang khas.

Para pengunjung yang menghampiri tempat ini pun sangat ramai.

Pemilik Lautan Durian, Masti’ah (40) menuturkan, dirinya sudah sekitar enam tahun menjual durian dari berbagai daerah.

“Kita di sini menjual banyak jenis durian, seperti durian Lampung, durian Bengkulu, Palembang, Lubuk Linggau, Padang, dan Medan. Durian itu adanya musiman, jadi sepanjang tahun kami selalu menjual durian tergantung masuk musimnya apa. Saat ini yang sedang musim itu durian Bengkulu, Lubuk Linggau, dan Lampung (Kota Agung)," ungkap Masti’ah, Jumat (1/1/2016).

"Di sini pengunjung bebas memilih sendiri atau bisa juga dipilihkan oleh karyawan untuk mendapatkan durian dengan rasa yang enak,” ujarnya menambahkan.

Ia juga mengatakan, dari masing-masing jenis durian, memiliki tekstur atau rasa yang berbeda.

Contohnya durian Bengkulu yang memiliki rasa manis legit dengan daging buah yang tebal.

“Kalau durian Lampung sendiri rasanya juga manis, namun daging buahnya agak tipis. Untuk harganya bervariasi, tergantung besar kecilnya buah tersebut, harga satuan mulai Rp 25.000 sampai Rp 50.000. Biasanya yang mampir ke sini selain masyarakat Lampung sendiri, banyak juga pengunjung yang berasal dari luar daerah, apalagi ketika weekend,” tutur Masti’ah.

 

Seorang pengunjung, Zainal, asal Jakarta, mengatakan, ia bersama keluarganya sedang liburan di Lampung dengan salah satu destinasinya adalah mencicipi durian.

“Kebetulan kita sekeluarga memang hobi makan durian dan di Lampung ini memang terkenal sentra duriannya. Wah pokoknya kita puas banget makan durian di sini, rasanya enak dan harganya relatif murah,” ucap Zainal sembari menyantap buah duriannya.(*)

Sumber: Tribun Lampung
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas