Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Konjen India di Bali Adakan Berbagai Peringatan Hari Penting India

Suasana kantor Konsulat Jenderal India di Jalan Raya Puputan, Denpasar, terlihat berbeda dari biasanya.

Editor: Mohamad Yoenus

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR -- Suasana kantor Konsulat Jenderal India di Jalan Raya Puputan, Denpasar, terlihat berbeda dari biasanya.

Ratusan warga keturunan India yang berada di Bali berdatangan guna menghadiri Pravasi Bharatiya Divas (PBD) yang diadakan oleh Konsulat Jendral India di Bali, Sabtu (6/2/2016) malam.

“Ini perayaan Pravasi Bharatiya Divas di mana intinya orang-orang India yang merantau ke luar negeri yang tetap memberikan kontribusi India dalam pembangunan," ujar Konsul Jendral (Konjen) India di Bali, R.O. Sunil Babu.

"Selain itu juga merayakan festival India yakni Pongal, Makar Sankranti dan Lohri. Dimana untuk Pravasi Bharatiya Divas diperingati setiap tanggal 9 Januari,” katanya. 

PDB pertama dirayakan di New Delhi pada tahun 2003 dan pada 9 Januari ditentukan sebagai hari perayaan ini.

Karena, pada tanggal yang sama tahun 1915, Mahatma Gandhi, Pravasi yang paling dihormati, kembali ke India dari Afrika Selatan, memimpin perjuangan kebebasan India dan mengubah hidup bangsa India untuk selamanya.

BERITA TERKAIT

Perayaan PBD di luar negeri memberikan kesempatan masyarakat India yang bekerja di luar negeri dan masyrakat keturunan India untuk terhubung dengan negara asalnya, dan mempunyai rasa memiliki terhadap tanah air mereka.

Sunil Babu mengungkapkan, di Bali sekalipun masyarakat India memiliki antusias yang sangat tinggi untuk hadir pada acara yang diadakan sekarang (kemarin).

Keempat peringatan yang dimulai pukul 18.00 Wita ini juga dimeriahkan penampilan tari dari para siswa India Culture Centre (ICC), Bali.

Diawali dengan membawakan lagu Ganesh Vandana diikuti dengan tarian Bali. Selain itu mereka juga menampilkan tari Bollywood.

Saat penampilan tari Bollywood tersebut pun tidak dilewatkan untuk mengabadikannya dengan ponselnya masing-masing.

Lenggak-lenggok yang gemulai dari para siswi ICC mengikuti alunan music Bollywood.

Usai penampilan tari Bollywood, Konjen mengajak semua yang hadir keluar ruangan dan berkumpul di teras depan Konsulat  Jendral India di Bali.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas